Connect with us

Gojentakmapan

Jalan Beton Rusak Sebelum Rampung

-

TAKALAR, BKM — Sejumlah organisasi masyarakat yang tergabung dalam sebuah koalisi, menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Takalar.
Mereka menggelar aksi demo menuntut dinas terkait untuk melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan beton poros desa Cikoang-Puntondo, Kecamatan Mangngarabombang. Karena ruas jalan ini telah mengalami kerusakan. Padahal, jalan beton tersebut masih dalam tahap proses pemeliharaan.
”Kami menilai proyek peningkatan jalan beton poros Cikoang-Puntondo telah gagal konstruksi. Dimana, sejumlah ruas jalannya telah mengalami keretakan,” Kata Sudirman Danker salah satu jenderal lapangan aksi, Kamis (17/6).

Selain meminta agar progres pembangunan jalan beton yang menelan anggaran tidak sedikit untuk segera diperbaiki, para pendemo juga meminta Kepala Dinas PU Takalar, Muksin Tiro dan Kepala Bidang Bina Marga, Asraruddin Muis, serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Zumirrah Naba, segera dicopot dari jabatannya.
Karena dianggap tidak mampu bekerja dengan baik terhadap kegiatan pembangunan peningkatan jalan di Kabupaten Takalar. ”Sudah dua tahun kinerja Dinas PU mengawal pembangunan jalan tidak pernah maksimal. Buktinya, tahun ini proyek jalan beton gagal konstruksi kembali ditemukan,” terang Iwan Surya, pendemo lainnya.
Diketahui, proyek pembangunan peningkatan jalan beton itu sepanjang kurang lebih 4 kilometer dikerjakan PT Valantey Konstruksi Indonesia menggunakan alokasi DAK tahun 2021.

Sementara itu, Dinas PU Takalar melalui Kabid Bina Marga Takalar, Asraruddin Muis, mengatakan, pihaknya belum bisa terlalu banyak komentar. Karena pekerjaan tersebut belum selesai dan sekarang masih tahap finishing masa pemeliharaan.
”Proyek tersebut masih tanggungjawab kontraktor. Sebab pengerjaannya belum selesai dan belum diserahterimakan ke Pemerintah Kabupaten Takalar. Saya akan tetap menyampaikan ke konsultan pengawas, PPK, dan kontraktornya,” terang Asraruddin. (ira)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini