Connect with us

Sulselbar

Sekprov Minta Penanggung Jawab DAK tidak Menyalahgunakan Kesempatan

-

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris

MAMUJU, BKM — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar rapat koordinasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Reguler Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun Anggaran 202. Rapat ini dilaksanakan di Hotel Berkah Mamuju, Rabu, 16 Juni 2021.
Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar, Muhammad Idris pada kesempatan tersebut menitipkan harapan kepada semua yang menjadi penanggung jawab dari DAK fisik reguler untuk menjalankan tanggung jawab dengan sebaik mungkin.
”Tidak hanya komitmen afektif, tapi juga komitmen normatif dan memahami tanggung jawab sebagai tugas yang mulia. Bukan untuk menyalahgunakan kesempatan. Karena tindakan yang seperti itu tidak akan memberikan manfaat jangka panjang. Karenanya, DAK jangan hanya semata-mata dilihat dari dimensi-dimensi input saja. Harus dievaluasi. Jadi bukan hanya inputnya saja yang harus dibanggakan. Tapi negara menyiapkan ini untuk mendorong hasilnya. Harus seimbang antara input dan output,” tandas Idris.
Masih kata Idris, tantangan terberat Sulbar salah satunya dalam pembentukan kualitas adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Oleh karena itu , pentingnya memastikan bahwa DAK ini memang diperuntukkan tiada lain adalah untuk memenuhi standar.
”Sulbar bisa menjadi berkualitas dalam sektor pendidikan jika memiliki bingkai yang baik dalam pengelolaan. Salah satu yang menjadi penentu kualitas itu adalah infrastruktur fasilitas-fasilitas pendidikan. Contoh ruangan-ruangan yang memotivasi daya semangat belajar. Siapapun yang bekerja atau pun mengerjakan dan yang terlibat di dalamnya atau yang menjadi pengelola di sekolah itu adalah mengetahui pasti standarnya seperti apa. Karena kalau tidak tahu standar, kita tidak tahu mengevaluasi. Untuk itu, saya meminta kepada kawan-kawan, serius dalam mengikuti proses tahapan ini. Karena ini penilaian. Kesalahan-kesalahan tahun lalu jangan diulangi kembali dan catatan-catatan ini harus dikoreksi,” imbuhnya.
Rapat DAK reguler dilaksanakan bekerjasama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulbar yang terdiri dari Dinas PUPR, Bappeda, BPKPD, Inspektorat, ULP (unit layanan pengadaan) serta beberapa kepala sekolah menengah atas. Acara ini berlangsung selama tiga hari, terhitung dari tanggal 16 sampai 18 Juni 2021.(zul)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini