Connect with us

Gojentakmapan

Polres Gowa Vaksinasi 1.000 Warga

-

BKM/IST VAKSINASI -- Suasana vaksinasi Covid-19 di Polres Gowa diikuti masyarakat umum, lansia dan remaja berusia 18 tahun.

GOWA, BKM — Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Gowa melakukan gerakan massal vaksinasi corona virus disease 2019 (Covid-19). Vaksinasi massal ini dijadualkan berlangsung selama dua hari, dimulai Rabu (23/6) pukul 08.00 Wita dan berakhir pukul 15.00 Wita.

Untuk jadual vaksin pertama digelar di halaman Mapolres Gowa dengan sasaran sebanyak 300 orang. Sementara hari kedua pada Kamis hari ini (24/6), digelar di Mapolsek Bontomarannu dengan jumlah sasaran 400 orang dan di Polsek Pallangga sebanyak 300 orang sasaran.
Kapolres Gowa, AKBP Tri Goffaruddin Pulungan, di sela menyaksikan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan tim medis dan vaksinator dari Puskesmas Somba Opu dan Dinkes Gowa serta didukung Urkes Polres Gowa, mengatakan, vaksinasi massal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 75 tahun ini.
”Ini bentuk sumbangsih kepolisian dalam mendukung pemerintah melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat demi memutus penyebaran mata rantai Covid-19 yang hingga kini masih mewabah dan cenderung kembali meningkat penyebarannya di beberapa kota besar di Indonesia. Karena it,u kami mengimbau masyarakat umum agar segera melakukan vaksinasi ini demi keselamatan jiwa kita bersama. Dengan kita melakukan vaksinasi terhadap diri maka akan mengurangi risiko tertular Covid-19. Meski kita sudah vaksin, tubuh kita tetap rentan kena Covid. Cuma dampaknya akan jauh lebih kecil ketimbang dampak yang akan dirasakan bagi mereka yang tidak vaksin,” kata AKBP Tri Goffaruddin Pulungan.

Dikatakan, dalam kegiatan vaksin massal ini dilakukan dengan harapan 1.000 orang masyarakat umum yang menjadi sasarannya bisa aman dari serangan Covid-19.
Terpisah, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Gowa sekaligus juru bicara Satuan Gugus Penanganan Covid-19 Gowa, Gaffar, mengatakan, dalam kegiatan vaksinasi ini, tim medis menyiapkan dosis untuk 1.000 orang. Jenis vaksin yang digunakan tetap merk Sinovac yang sejak awal dipergunakan Pemkab Gowa.
”Hari ini terjadual dilayani vaksin sebanyak 300 orang. Besok vaksinasi dilakukan lagi di Polsek Bontomarannu 400 sasaran dan Polsek Pallangga 300 sasaran,” kata Gaffar.
Dikatakan, vaksin dosis pertama ini diberikan diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat guna menghilangkan rasa takut dan ragu kepada masyarakat. Dijelaskan, efek dari vaksin secara normal seperti yang lazim dialami para peserta vaksinasi sebelum-sebelumnya adalah mengantuk dan selalu lapar. Namun efek yang dirasakan masing-masing peserta vaksin berbeda-beda tergantung imunitasnya. Ada yang pusing atau sakit kepala, ada yang mual dan lain lain.

”Tapi itu normal. Vaksin dosis pertama ini akan bekerja selama 28 hari merangsang antibody kita keluar. Dan 28 hari lagi setelah penyuntikan dosis kedua maka akan membentuk antibody kita. Dengan terbentuknya antibodi ini, Insya Allah kita akan terhindar dari serangan Covid-19. Kalaupun masih terserang, maka risikonya lebih ringan dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak vaksin,” jelas Gaffar. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini