Connect with us

Headline

Kejati Sita Barang Bukti Aset Senilai Rp2 Miliar

Kasus Kredit Fiktif dan TPPU Bank Sulselbar Bulukumba

-

MAKASSAR, BKM — Tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel kembali menyita aset senilai Rp2 miliar. Barang tersebut milik tersangka kasus dugaan korupsi kredit fiktif dan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) Rp25 miliar yang juga mantan mantan account officer Bank Sulselbar Cabang Utama Bulukumba Muhammad Ikbal Reza Ramadhan.

Hal itu dibenarkan Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel Idil. Kata dia, aset yang disita oleh tim penyidik merupakan sebagian dari barang bukti yang diduga hasil kejahatan. Aset dan barang bukti yang disita tersebut diduga kuat dari hasil pemalsuan 106 dokumen pengajuan kredit nasabah fiktif sejak tahun 2016 – 2021. Modusnya, dengan cara memproses pemberian kredit fiktif senilai Rp25 miliar demi meraup keuntungan pribadi.
“Aset tersangka yang kembali berhasil disita oleh penyidik nilainya ditaksir mencapai Rp2 miliar,” ujar Idil, Senin (5/7).
Adapun jenis aset yang kembali disita oleh tim penyidik, kata Idil, berupa aset tak bergerak. Yakni sebidang tanah di Kabupaten Bulukumba, mesin percetakan jenis digital printing sebanyak dua unit, serta mesin peracik kopi (mesin barista) satu buah.

Menurut Idil, jumah aset milik tersangka yang berhasil disita secara keseluruhan diperkirakan nilainya sudah mencapai miliaran rupiah. “Untuk perkembangan perkaranya, kasus ini masih dalam proses perampungan berkas penyidikan,” tandasnya. (mat)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini