Connect with us

Metro

KBA SMP Negeri 5 Gelar Event Temu Nasional di Makassar

-

Muh Burhanuddin SH MH

MAKASSAR, BKM.COM–Hadirnya pandemi covid-19 telah membawa perubahan terhadap dunia yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Dampak yang signifikan terjadi di berbagai aspek seperti ekonomi, sosial, hingga kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, akibat dari pandemi ini tingkat kesejahteraan masyarakat menurun seiring dengan kegiatan perekonomian yang terhambat akibat kebijakan lockdown dan PSBB di berbagai daerah.

Selain pada sektor ekonomi, perubahan tatanan sosial budaya masyarakat juga berubah. Dengan adanya protokol kesehatan yaitu sosial distancing, rajin cuci tangan, dan wajib pakai masker mengubah cara masyarakat untuk bersosialisasi. Sedangkan untuk pelayanan umum dan pendidikan dilakukan secara online dan work from home (WFH).

Dampak ini juga sangat terasa pada aspek hukum, dimana tingkat kriminalitas umum di beberapa daerah mengalami peningkatan signifikan, yang disebabkan oleh situasi pandemi yang melumpuhkan ekonomi. Hal ini berdasarkan pada laporan aparat daerah, kriminalitas yang terjadi kebanyakan dengan motif pencurian.

Dari kondisi itu, Ketua Temu Nasional (TENAS) 1, Muh Burhanuddin, SH MH, mengatakan, akan mengadakan kegiatan temu nasional pertama di Makassar yang bertemakan “kota Makassar sebagai kota dunia”.

Ia berharap agar semua keluarga besar alumni (KBA) SMP Negeri 5 Makassar ikut berkontribusi melalui seminar nasional sebagai solusi alternatif pemecahan permasalahan akibat dampak pandemi covid-19 yang sejalan dengan Program Pemerintah Kota Makassar yaitu Makassar Recovery.

Waktu kegiatan TENAS akan dilaksanakan kamis,16 Desember 2021, yang bertempat di Hotel Grand Claro atau Hotel The Rindra. Kegiatan ini nantinya akan dihadiri oleh beberapa kalangan masyarakat, mulai dari tenaga pendidik, pejabat pemerintah, masyarakat umum, wiraswasta, pelaku usaha mikro hingga mahasiswa.

Adapun tujuan dari seminar ini, jelas Burhanuddin akan membahas mengenai masalah pada aspek ekonomi, sosial budaya, hukum dan pemerintahan. Sekaligus strategi bisnis yang tepat akibat pandemic.

Kegiatan seminar nasioanal ini akan menghadirkan narasumber yang diharapkan mampu untuk memberi solusi dengan masalah-masalah yang terjadi sekarang, mulai dari aspek ekonomi, hukum, sosial budaya dan pemerintahan. Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.BA., M.A (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) selaku pembicara yang akan membahas tentang aspek ekonomi, Dr. ST. Burhanuddin, SH., M.H(Jaksa Agung Republik Indonesia) aspek hukum, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.Si (Rektor Universitas Hasanuddin) terkait dengan aspek budaya, dan Jend. Pol. Purn. Prof. Dr. H. Tito Karnavian, M.A., Ph.d (Menteri Dalam Negeri) yang akan membahas aspek pemerintahan.

Sementara untuk panitia kegiatan seminar nasional, yaitu Keluarga Besar Alumni SMP 5 Makassar yang di dalam terdiri atas susunan kepanitian. Mereka sepenuhnya mendukung terlaksananya kegiatan seminar nasional dengan tema “Makassar Recovery Toward TheWorld City”. (war)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini