Connect with us

Metro

Jurusan KPI UINAM Gelar PKTI untuk Mahasiswa Angkatan 2018

-

Dr Irwan Misbach, dosen yang juga wakil dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi menyampaikan materi pada Pelatihan PKTI yang dilaksanakan jurusan KPI UINAM, Kamis, 29 Juli 2021.

MAKASSAR, BKM — Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (PKTI), Kamis, 29 Juli 2021. Acara ini dihadiri Ketua Jurusan KPI Dr Rahmawati Haruna,SS,MSi, didampingi Wakil Ketua Jurusan Hj Sitti Asyiqah Usman Ali, Lc, MThI serta beberapa orang dosen. Materi pelatihan disampaikan Dr Irwan Misbach,SE,MS, dosen yang juga wakil dekan I Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Kegiatan untuk mahasiswa KPI semester enam angkatan 2018 ini berlangsung di Warkop Arizona, Jalan Mustafa Daeng Bunga, Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tengah diterapkan saat ini, jumlah maksimal peserta yang dapat hadir hanya 25 orang. Sisa peserta yang tidak dapat bergabung secara langsung dapat mengikuti kegiatan ini melalui virtual meeting yang telah disediakan.

“Kegiatan ini sekiranya dalam situasi normal kita akan laksanakan di kampus. Namun karena dilakukan di masa PPKM yang hari ini masih dalam situasi yang sangat dibatasi, maka kita melaksanakannya di tempat ini. Peserta juga dibatasi berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh lurah Romang Polong,” kata Kajur Prodi KPI Rahmawati Haruna.

PKTI ini menjadi kewajiban setiap jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar (FDK UINAM), karena berkaitan dengan hak mahasiswa untuk mendapatkan bimbingan pendampingan penyelesaian S1.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar Dr Firdaus Muhammad,MA yang turut hadir dalam pelaksanaan acara ini, mengatakan PKTI menuntun semua mahasiswa untuk selesai, untuk mampu menulis. ”Jadi bukan lagi siapa yang minat siapa yang tidak. Tapi PKTI ini mengupayakan semua mahasiswa harus bisa menulis. Karena ini menjadi tahapan akhir,” jelasnya.

Diakui, penulisan karya ilmiah kerap kali menjadi kendala bagi setiap mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Oleh karena itu, diadakanlah pelatihan karya tulis ilmiah ini demi membantu mahasiswa agar dapat memahami penulisan dengan baik, sehingga memudahkannya untuk mencapai kelulusan. Mata kuliah, PPL, KKN, dan skipsi menjadi faktor-faktor yang dapat menghambat mahasiswa lulus tepat waktu.

Dekan FDK UINAM mengharapkan agar mahasiswa di setiap jurusan ini agar dapat lulus tepat waktu. Mampu menyelesaikan studi mereka paling cepat 3,5 tahun, dan paling lambat empat tahun.

Sebagai solusi yang dapat dilakukan, FDK kemudian menyusun kurikulum mahasiswa kuliah hanya sampai semester enam di semua jurusan yang ada. “SKS-nya cukup. Nah, kita sudah menyusun per prodi. Asumsinya, kalau selesai semester enam, maka kemudian masuk di semester tujuh sudah PPL  dan KKN. Termasuk skripsi. Jadi bisa selesai tiga setengah tahun, memungkinkan, dan paling lambat empat tahun,” terangnya.

Ia melanjutkan, untuk tahun depan, ketika mengadakan PKTI lagi, usahakan mahasiswa sudah punya judul masing-masing. Bahkan kalau bisa proposal. Agar ketika mahasiswa nanti dapat masalah, dia bisa langsung konsultasikan kepada pemateri.

Menurut Firdaus, ketika mahasiswa belum mempunyai judul, belum proposal, belum mendapatkan pembimbing, lalu diadakan PKTI, maka hanya akan membuat mereka termotivasi sesaat. Motivasi itu biasanya hanya akan bertahan selama satu minggu, atau paling lama satu bulan.

”Namun, ketika mahasiswa sudah mempunyai judul, sudah ada proposal, kemudian bersama-sama mengikuti PKTI, ketika melihat temannya yang sedang ujian, hari ini ada, besoknya ada lagi, mereka akan merasa ketinggalan. Mahasiswa akan termotivasi untuk mengikuti jejak temannya. Karena biasanya kan kita terpengaruh oleh teman,” jelasnya.

Ia memberi saran, agar dapat menyelesaikan studi dengan baik, maka tulislah sesuatu yang dipahami. Tulislah sesuatu yang diketahui. (pkl)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini