Connect with us

Headline

Kuburan di Macanda Penuh, Lahan Baru Disiapkan

-

MAKASSAR, BKM — Lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Maccanda, Kabupaten Gowa yang selama ini digunakan untuk memakamkan jenazah pasien covid-19 telah penuh. Pemprov Sulsel melalui pemerintah Kabupaten Gowa akhirnya membuka lahan baru seluas 2 hektare yang terletak Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa atau di samping Diklat LPPTK.

“Kondisi TPU Maccanda yang selama ini menjadi lokasi pemakaman bagi pasien Covid-19 sudah kritis dan penuh berjumlah 1.170 makam. Sehingga kita siapkan lahan khusus covid-19 baru yang terletak di Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa seluas 2.000 meter persegi. Bisa menampung sampai 2.000 jenazah,” ungkap Asisten III Pemprov Sulsel Tautoto Tana Ranggina usai rapat pembukaan lahan baru pemakaman covid-19 bersama Wakil Bupati Gowa di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (29/7).

Pemprov Sulsel bersama Pemkab Gowa kini tengah menyempurnakan lahan tersebut agar layak digunakan untuk mengubur jenazah pasien covid-19. “Insyaallah besok (hari ini) sudah bisa dipakai, karena kita sudah lakukan land clearing (pembersihan lahan). Termasuk membuat akses ke lokasinya. Mudah-mudahan tidak dipakai. Itu doa kita. Saat ini TPU Macanda sudah sangat kritis,” terangnya.
Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni, menyatakan lahan baru ini merupakan aset Pemprov Sulsel, jadi terserah mau dimamfaatkan untuk apa. “Ini aset pemprov, pemamfaatannya kembali ke pemprov. Alhamdulillah masyarakat sekitar menerima, karena ini kemanusian. Saya yakin masyarakat Gowa pintar-pintar melihat kondisi sekarang. Ini berbicara kemanusaian. Kami Pemkab Gowa akan tetap mendukung. Hal ini tidak ada yang menghendaki,” jelas H Abd Rauf Malaganni.
Direktur Rumah Sakit Khusus (RSK) Dadi Makassar dr Arman Bausat, mengatakan untuk setiap harinya rerata ada di atas 10 jenazah pasien covid-19 yang dimakamkan di TPU Maccanda. Angka ini melonjak drastis dibanding sebelum lebaran lalu.
“Per hari semenjak pertengahan bulan Juni (2021) sampai sekarang ini rata-rata yang dimakamkan sebanyak 10 sampai 20 (jenazah). Tanggal 28 Juli kemarin ada 35 jenazah yang dimakamkan di hari itu. Setidaknya saat ini kita sudah catat ada 1.170 makam sudah ada di sana yang proses pemakamannya menggunakan protokol kesehatan,” ungkap dr Arman Bausat yang juga mengikuti rapat lahan baru pemakaman. (jun)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini