Connect with us

Metro

Buktikan Aktivis Kampus Juga Bisa Berprestasi

Citra Utami, Duta Kampus Unismuh 2021

-

DI TENGAH pandemi covid-19 dan perkuliahan daring yang tengah berlangsung saat ini, tidak membuat mahasiswa berhenti untuk menggali potensi yang dimiliki. Selalu mencari dan mencoba hal baru. Salah satunya melalui ajang pemilihan Duta Kampus.

Cantik dan berprestasi. Dua kata itu mewakili seorang perempuan berhijab bernama Citra Utami. Ia kini tercatat sebagai mahasiswi semester enam jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Diterima di kampus pada tahun 2018, Citra kemudian terpilih sebagai Duta Kampus Unismuh tahun 2021.

Dalam program RanahRus yang tayang di Youtube Berita Kota Makassar, cewek asal Bulukumba itu berkisah tentang aktivitasnya selama ini. Selain berkuliah, ia juga aktif mengikuti sejumlah lomba dan event. Tidak salah bila akhirnya banyak prestasi yang telah diukirnya.

Citra telah meloloskan karya tulis ilmiah tingkat nasional dan akhirnya meraih juara satu di Universitas Andalas. Perempuan yang lahir di Limbua, 17 Oktober 1999 ini juga lolos pada program PDP2D, yakni pengabdian pada masyarakat yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggu (Kemendikbud Dikti).

Aktif sebagai mahasiswa dan memiliki berbagai prestasi tidak membuat gadis berparas mirip artis Alyssa Soebandono ini kebingungan mengatur waktu antara kuliah dan berkegiatan. “Untuk mengatur waktu saya terinpirasi dari perkataan senior saya, bahwa menjadi mahasiswa itu kita bukan menjadi akademisi, bukan organisatoris, tapi kita adalah aktivis,” ujarnya.

Hal inilah yang menjadi pegangan Citra untuk terus mengasah dan membranding skill yang dimilikinya. ”Untuk waktunya kita bagi. Yang deadline kita utamakan untuk selesaikan, dan mengatur jadwal mana yang lebih penting itu yang diprioritaskan,” lanjutnya.

Bagaimana dengan reaksi orang tua tentang aktivitasnya itu? Citra mengakui, awalnya mereka tidak setuju dengan kegiatan yang dilakukan Citra. Sebab menurut kedua orang tua, mahasiswa yang aktif berorganisasi atau berkegiatan kuliahnya tidak terurus dan telat menyelesaikan studinya.

Namun Citra memberikan bukti nyata. Prestasi yang diraihnya telah membuat orang tuanya percaya ketika sang putri hendak melakukan kegiatan di luar perkuliahan.

Karena memiliki jurusan yang tupoksinya jadi guru, tentunya harapan Citra sendiri ingin menjadi seorang guru SD yang profesional. “Di usia inilah (SD) tahap penanaman karakter anak yang baik. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang baik dimulai dari sejak dini, sebab bangunan yang kuat berasal dari pondasi yang kuat,” begitu pandangannya.

Ia juga menyampaikan pendapatnya tentang guru di masa pandemi saat ini. Menurutnya, guru sangat kewalahan dalam menjalani proses belajar mengajar. Sebab mereka harus memiliki komunikasi yang intens. Apalagi semua dilakukan secara daring. Walau begitu, lanjutnya, jika gurunya kreatif pasti bisa menghadapi segala hambatan yang ada.

Kepada sesama mahasiswa yang tengah menempuh kuliah saat ini, Citra menyampaikan pesan. ”Teman-teman seperjuangan jangan hanya jadi mahasiswa yang besar karena nama kampus. Tapi kitalah sebagai mahasiswa yang membesarkan kampus kita. Karena sejatinya emas akan tetap menjadi emas di manapun tempatnya. Jadi tingkatkan kualitas diri,” tandas putri pasangan suami istri Muhammad Yunus dan Risma ini.

Di kampus tempatnya menimba ilmu, Citra masuk dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sumber Daya Manusia, Lembaga Kreatifitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran Pengembangan Kreatifitas (LKIM-Pena), Seventeen Community, serta Kacea Indonesia.

Prestasi yang pernah diaraihnya, juara 1 LKTIN Andalas Penalaran Fair (APF) 2020, juara II Esai Mahasiswa Nasional dan Pekan Kreativitas Remaja 2019, juara III Karya Ilmiah Eurekal 2020. Ia juga pernah menjadi peserta Pelatihan Kemah Budaya Kaum Muda 2020, peserta penulisan opini 2020, peserta LKTIN Mechanical Engineering Expo 2020, dan peserta Training of Trainers (ToT) Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) 2020. (pkl)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini