Connect with us

Sulselbar

Kain Khas Toraja Sarita Tunjang Pariwisata Indonesia

-

IST KUNJUNGAN--Anggota Fraksi Nasdem DPR RI Eva Stevany Rataba menyambangi galery Katokkon Makale, seraya swafoto bersama owner Katokkon Merda Mangajun dan anggota DPRD Tana Toraja DR Kristian Lambe.

MAKALE, BKM–Anggota Fraksi Nasdem DPR RI Eva Stevany Rataba terus memberi perhatian atas produk lokal Toraja.
Sala satunya kain Sarita khas Toraja yang di produksi pusat kerajinan lokal Katokkon Makale.
Eva Stevany mengatakan bila kerajinan kain khas Toraja Sarita menunjang sektor pariwisata Indonesia, diproduksi Katokkon sebagai centra konservasi budaya lewat pelestarian dan pembudayaan dari kain khas toraja, menghasilkan kerajinan dari sumber alam lokal dan olahan pangan lokal.

“Saya sebagai mitra kerja Kementrian Pariwisata, mengajak kita semua secara bersama mendukung dan mempromosikan produk lokal daerah kita, salah satunya mengangkat dan mempromosikan kain doa “Ssarita”.,ucap Eva Stevany.
Menurutnya, sebagai salah satu putri asli Toraja yang kini duduk di DPR RI, dirinya merasa bangga dan kagum akan salah satu kearifan lokal Toraja yang luar biasa indah sarat akan makna harapan serta doa yang telah dikenal baik domestik dan mancanegara.
“Jika selama ini kain batik hanya dikenal sebagai warisan di Pulau Jawa, ternyata juga memiliki sejarah kain batik yang sangat indah,”jelasnya.
Pasalnya batik Sarita Toraja memiliki corak yang menggambarkan kehidupan sosial Toraja, dimana ukirannya mengandung berbagai makna sebagai gambaran Toraja.

Ditambahkan bila busana berbahan kain Sarita pun mulai diperkenalkan kembali oleh para desainer muda Toraja. “Terima kasih Merda Mangajun selaku pengelola dan memiliki galery Katokkon Cafe Makale, Tana Toraja tanpa henti dan terus menerus memperkenalkan kain Sarita salah satu busana ngetrend dan patut anda coba,”puji Eva.
Selain itu, ada balutan tas modis dengan balutan kain Sarita, sepatu, dompet dan berbagai macam lainnya.
“Sarita sebagai batik asli Toraja dengan memiliki ragam motif dan hiasan dipercaya memiliki kualitas baik dan mendatangkan berkah. Dan Batik Toraja memiliki perbedaan dengan batik di Jawa. Perbedaan menjolok pada corak, motif, dan pewarna. Batik Sarita Toraja andalan Indonesia,” pungkas Eva Stevany. (gus/rif/c).

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini