Connect with us

Bisnis

Kemenparekraf Bersama Paxel Berikan Penghargaan

Dukung Perkembangan Produk Kuliner Online di Indonesia

-

BKM/AMIRUDDIN NUR Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno

MAKASSAR, BKM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan, sebagai salah satu penggerak perekonomian, pelaku UMKM perlu diberikan pelatihan digital sekaligus channel pemasaran yang memadai.
Menurutnya, kuliner Nusantara merupakan satu dari top tiga subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama pandemi.

”Sejak awal tahun 2020, kuliner Nusantara terbukti menjadi andalan UMKM Indonesia yang bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan perekonomian selama pandemi. Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan ‘eKuliner Awards 2021’ sebagai langkah positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital. Saya berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan confidence para pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga sektor parekraf segera bangkit kembali,” kata Sandiaga Uno di sela acara pengumuman penganugerahan e-Kuliner Awards 2021 yang dilaksanakan secara virtual, akhir pekan lalu.
Selama periode lebaran lalu, Paxel melihat adanya peningkatan pertumbuhan pelaku UMKM kuliner yang sangat tinggi. ”Kami mencatat setidaknya ada 900.000 makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM kuliner online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar kota. Ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat mulai dari awal Ramadhan. Sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya sebagai obat kangen rumah,” ujar CEO Paxel, Bryant Christanto.
Melalui teknologi dan logistik, Paxel telah mewujudkan mimpi UMKM Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa mencapai 3x lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan ribu paket per bulan.
”Fakta menariknya berdasarkan data, kita dapati bahwa makanan khas daerah tertentu menjadi favorit orang-orang di daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membeli bakwan Surabaya dan orang Bandung suka membeli pempek,” lanjutnya.

Sejak berdiri di akhir tahun 2017, Paxel telah mengukuhkan posisinya sebagai ekosistem digital yang membantu memasarkan produk sekaligus mendorong perekonomian lebih dari 1 juta pelaku UMKM Kuliner Online di Indonesia, lewat layanan sameday delivery dan platform belanja jajanan khas daerah, PaxelMarket.
Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” untuk UMKM Kuliner Online yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).
Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar.
Sedangkan untuk kategori yang diluncurkan adalah Kuliner Online Favorit Dari Kota, Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek, serta Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung.
Seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa trofi dan review produk yang akan dilakukan celebrity chef & Youtuber. (mir)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini