Connect with us

Metro

Prodi Pemerintahan Unismuh dan Desa Buakkang Tandatangani Kerja Sama

Untuk Penyelenggaraan Pendampingan dan Pengabdian Masyarakat

-

GOWA, BKM — Program Studi (Prodi) S1 Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar telah menandatangani kerja sama dengan pihak Desa Buakkang, Kecamatan Bungayya, Kabupaten Gowa. Relasi tersebut dalam rangka penyelenggaraan pendampingan tata kelola desa dan pengabdian kepada masyarakat.

Naskah kerja sama kedua institusi itu ditandatangani oleh Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Dr Nuryanti Mustari,SIP, MSi bersama Kepala Desa Buakkang H Burhan Dg Bani, Senin siang, 2 Agustus 2021, bertempat di kantor desa setempat. Turut hadir Wakil Dekan IV Fisip Unismuh Makassar M Amin Umar,SPdI,MPdI, Sekretaris Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fisip Unismuh Rudi Hardi,SSos,MSi, Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan Ahmad Harakan,SIP,MHi, beberapa dosen dan mahasiswa serta para aparat pemerintah Desa Buakkang.

Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar, Dr Nuryanti Mustari,SIP,MSi mengatakan penandatangan kerja sama ini bertujuan meningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.

”Selain itu, juga untuk interaksi multikultural bagi mahasiswa, dosen, pemerintah dan masyarakat dalam lingkup Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh dan Pemerintah Desa Buakkang. Khususnya melalui kerja sama dalam pendampingan tata kelola desa dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Korwil Sulawesi dan Indonesia Timur Asosiasi Ilmu Pemerintahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (AIPPTM) 2019-2023.

”Kerja sama kedua institusi ini berlangsung selama lima tahun, dan akan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan tata kelola desa oleh mahasiswa, dosen, serta pakar. Pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Desa Buakkang, khususnya aparatur sipil negara pada jenjang pendidikan serta penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat,” tandas peserta Sandwich di Universitas Ohio USA 2009 ini.

Dosen Berpretasi Unismuh Makassar 2017 ini menjelaskan, sebelum penandatanganan kerja sama, telah dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar Kegiatannya berupa peningkatan kapasitas masyarakat melalui penguatan civic literacy dalam mewujudkan desa anti money politics pada masa pandemi covid-19 di Desa Buakkang.

Kegiatan PKM LP3M Unismuh Makassar di Desa Buakkang denga Ketua Tim Dr Nuryanti Mustari, SIP, MSi serta anggota M Amin Umar,SPdI, MPdI dan Dr Muhammad Yahya,MSi. Menghadirkan dua narasumber, yakni dosen Ilmu Pemerintahan Fisip Unismuh Makassar Rudi Hardi,SSos,M.Si dengan materi tentang money politics dari perspektif hukum. Narasumber kedua Wakil Dekan IV Fisip Unismuh Makassar M Amin Umar,SPdI, MPdI yang mengusung tema soal money politics dari perspektif Islam. (rls)

 

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini