Connect with us

Headline

Vaksin Booster Sasar 72.862 Nakes di Sulsel

Vaksin Booster Sasar 72.862 Nakes di Sulsel

-

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali mendistribusikan vaksin ke kabupaten/kota setelah mendapat kiriman stok dari Kementerian Kesehatan, Sabtu (31/7) lalu. 

Sebelumnya, sejumlah kabupaten/kota melaporkan menipisnya stok vaksin, bahkan ada yang kosong. Pemprov mengklaim hal itu karena vaksinasi massal gencar digelar dan antusiasme masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi juga sangat besar. 

“Teman di daerah butuh 15.000 vial. Yang penting sudah ada dulu datang karena relatif stagnan satu dua minggu terakhir,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sulsel Muhammadong, Senin (2/8).

Dijelaskan, vaksin yang telah tiba sebanyak  3.730 vial Moderna dan 3.896 vial vaksin Sinovac. Pendistribusian diutamakan ke daerah-daerah yang mengalami kekosongan. 

Sejauh ini sudah ada tiga daerah yang mendapat distribusi vaksin per 1 Agustus 2021. Masing-masing Kabupaten Tana Toraja, Luwu Utara dan Bone.
“Mulai didistribusikan ke kabupaten dan kota. Jumlah vaksin ini akan dibagi rata ke daerah,” ujar Mugammadong.
Khusus vaksin Moderna, diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan (nakes) sebagai booster atau vaksinasi dosis ketiga. Vaksinasi Moderna ini berlangsung di RSKD Dadi, Senin (2/8).
Pemberian vaksin dosis ketiga itu karena nakes dianggap sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19. Setelah itu, barulah kelompok lainnya bisa menerima vaksin Moderna.

Pemprov Sulsel menargetkan vaksinasi covid- 19 disuntikkan kepada 7 juta warganya dari jumlah penduduk 8 juta jiwa. Sejauh ini, capaian vaksinasi Sulsel masih 24 persen.

Untuk mencapai target, pemprov akan terus menggenjot vaksinasi.
Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari, mengatakan pihaknya akan meminta kabupaten/kota untuk terus mendata kebutuhan vaksin.

Selanjutnya, Sulsel akan kembali kedatangan vaksin sebanyak 21.480 vial.

“Vaksin yang datang juga tidak tentu. Tergantung ketersediaan vaksin di pusat,” katanya.
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, vaksin moderna merupakan vaksin booster yang diprioritaskan untuk nakes.
Sebagai garda terdepan, mereka membutuhkan perlindungan yang lebih kuat untuk melakukan perawatan dan penanganan kepada pasien covid-19.

“Kita prioritaskan nakes untuk vaksinasi ketiga ini. Namanya vaksin booster, karena nakes butuh imunitas lebih untuk menangani pasien,” ucap Andi Sudirman Sulaiman saat membuka vaksinasi tahap III untuk nakes di RSKD Dadi, Senin siang (2/8).
D
ijelaskan Sudirman, vaksinasi ini akan menyasar 72.862 nakes di 24 kabupaten/kota.

Alokasi terbesar yakni Makassar dengan jumlah 15.840. Disusul nakes yang bertugas di rumah sakit Sulsel sebanyak 14 ribu, serta nakes Pangkep sebanyak 2285 orang.

Disebutkan pula, Sulsel sudah mendapat kiriman vaksin moderna pada Sabtu (31/7/2021) lalu sebanyak 3.300 vial atau 46.200 dosis.

Selanjutnya didistribusi ke 24 kabupaten kota.
“Hari ini (kemarin) kita lakukan penyuntikan pertama di RSKD Dadi. Selanjutnya akan dilaksanakan di kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala RSKD Dadi dr Arman Bausat mengatakan, vaksinasi nakes sebagai upaya untuk memberikan proteksi kepada tenaga kesehatan.

Adapun syaratnya, yakni bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, berusia 18 tahun ke atas.

Selanjutnya, telah mendapat vaksinasi Sinovac dua dosis lengkap

. Tidak terkonfirmasi positif dalam waktu tiga bulan terakhir.

“Minimal tiga bulan setelah pemberian dosis kedua. Nakes yang belum memenuhi syarat harus menunggu dulu sampai cukup tiga bulan setelah divaksin,” ucap dr Arman Bausat.

Penyuntikan perdana vaksin moderna ini dihadiri oleh anggota DPR-RI Aliyah Mustika Ilham.

Aliyah berpesan agar vaksinasi ini betul-betul diberikan kepada nakes.

“Saya tidak setuju kalau ada keluarga pejabat yang divaksin booster. Tolong laporkan kepada kami sebagai wakil rakyat karena vaksin booster untuk nakes dulu,” tegasnya.

(jun)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini