Connect with us

Headline

APPBI Berharap Penghapusan PPh Final Selama Setahun

-

JAKARTA, BKM — Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, menilai, pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sewa toko akan banyak dinikmati para penyewa toko. Pihak pengusaha pusat perbelanjaan membutuhkan kebijakan tersendiri untuk tetap bisa bangkit dari keterpurukan dampak pandemi Covid-19.
”Manfaat pembebasan PPN atas biaya sewa akan lebih banyak dinikmati oleh para penyewa tapi tidak untuk Pusat Perbelanjaan karena yang wajib membayar PPN adalah para penyewa, bukan pusat perbelanjaan,” ujar Alphonzus seperti dikutip dari salah satu media, Selasa (3/8).

Alphonzus mengatakan, pengusaha pusat perbelanjaan memerlukan penghapusan PPh Final atas biaya sewa, service charge dan penggantian biaya listrik. Kebijakan yang dinanti para pengusaha pusat perbelanjaan itu saat ini masih belum direspons pemerintah.

”Pusat perbelanjaan berharap penghapusan PPh Final tersebut dapat diberikan paling tidak selama setahun. Karena pusat perbelanjaan sudah mengalami keterpurukan kurang lebih selama 18 bulan ini ditambah penutupan operasional selama pemberlakuan PPKM Darurat dan PPKM Berdasar Level sampai saat ini,” kata Alphonzus.
Ia menambahkan, dampak PPKM Darurat dan PPKM berdasarkan level masih akan terus dirasakan meski pemberlakuannya sudah berakhir. Berdasarkan pengalaman selama pandemi ini, lanjutnya, pengusaha pusat perbelanjaan memerlukan waktu tidak kurang dari tiga bulan untuk meningkatkan kunjungan hanya sebesar 10 sampai 20 persen. (int)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini