Connect with us

Event

Lestarikan Nilai Sejarah dan Warisan Budaya Indonesia. MediaHub Bantu Kemendikbudristek Siarkan Kanal Indonesiana

-

Menteri BUMN, Erick Thohir

MAKASSAR, BKM — Salah satu unit bisnis TelkomMetra yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah menyediakan layanan pengelolaan, pemrosesan, dan broadcasting Kanal Indonesiana untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Menteri Dikbudristek, Nadiem Makarim

Layanan ini untuk melestarikan nilai sejarah dan warisan kebudayaan Indonesia. Perwujudan dari
kerja sama ini ditandai dengan peluncuran ‘Merdeka Berbudaya Dengan Kanal [email protected] pada 3
September 2021 yang ditayangkan secara live melalui YouTube Kemendikbud RI Peluncuran Merdeka Belajar episode 13: Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana .
Acara peluncuran ‘Merdeka Berbudaya Dengan Kanal Indonesiana’ turut dihadiri Menteri Kemendikbudristek, Nadiem Makarim, sekaligus memberikan pemaparan dan pengenalan
mengenai Kanal Indonesiana.
Tak ketinggalan pula sesi dialog yang juga merupakan rangkaian acara
peluncuran dengan narasumber Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian, Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid, Penggiat Budaya, Didik Nini Thowok dan penyanyi Vira Talisa.
Pemangku kepentingan dari berbagai kalangan juga memberikan dukungan dan apresiasi atas resminya Kanal Indonesiana, antara lain Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo,Gibran
Rakabuming, dan penggiat budaya lainnya.
Kanal Indonesiana adalah sebuah kanal terintegrasi yang mempublikasikan pengetahuan dan informasi publik dalam bentuk tayangan audio-visual mengenai keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Kanalini dapat diakses melalui www.indonesiana.tv, IndiHome channel 200 (SD) dan channel 961 (HD), serta OTT Platform antara lain UseeTv Go dan UseeTV.com.
Dalam acara peluncuran Kanal Indonesiana, Menteri Dikbudristek, Nadiem Makarim, menuturkan, di era digitalisasi ini upaya memajukan kebudayaan tidak dapat bergantung pada cara-cara lama. Misalnya pertunjukan langsung di atas panggung atau parade kebudayaan.
”Kita harus memanfaatkan teknologi yang memungkinkan promosi kebudayaan secara lebih luas. Tidak hanya kepada masyarakat Indonesia, namun juga khalayak internasional,” kata Nadiem Makarim.
Teknologi Telkom Group dalam Kanal Indonesiana ini merupakan bentuk dukungan BUMN terhadap program Kemendikbudristek dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia.
Menteri BUMN RI, Erick Thohir, mengatakan, Kementerian BUMN mendukung Telkom Group dalam mendukung upaya Kemendikbudristek untuk mengutamakan kebudayaan Indonesia melalui Kanal Indonesiana sebagai pustaka multimedia yang dapat menghadirkan akses terhadap kebudayaan Indonesia secara luas.
Sebagai rekanan infrastruktur penyedia broadcasting, MediaHub membantu Kemendikbudristek secara Full Managed Service untuk memiliki kanal dengan pengelolaan konten berbasis video-on-demand dan linear channel 24 jam yang dapat ditayangkan pada media yang telah ditentukan. Sehingga konten dan tayangan yang dimiliki Kemendikbudristek dapat dinikmati khalayak luas.
”Kerja sama ini dilakukan guna memfasilitasi Kemendikbudristek dalam mengelola program video. Sehingga dapat mengontrol hak siar dan mempunyai kuasa penuh atas konten-konten tersebut agar budaya Indonesia tetap lestari dan dikenal lebih luas, baik di dalam maupun di luar negeri” ujar
Pramasaleh Hario Utomo selaku Direktur Utama TelkomMetra.
Infrastruktur broadcasting yang dimiliki MediaHub juga membantu Kemendikbudristek dalam hal
operasional dan mendistribusikan Kanal Indonesiana. Sehingga Kemendikbudristek dapat fokus dalam hal produksi, penyediaan dan kurasi serta inventory konten yang akan ditayangkan.
Penikmat konten berbasis video-on-demand dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Data dari
Google, Temasek dan Bain & Company dalam laporan eConomy SEA 2020 menyebutkan, pengguna baru Subscription Video-on-Demand (SVOD) selama pandemi COVID-19 di Asia Tenggara yang mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam memiliki pertumbuhan
pengguna rata-rata 38 persen.
Secara spesifik di tiap negara, Google mencatat pertumbuhan SVOD di Vietnam sebagai yang tertinggi sebesar 46 persen, diikuti Indonesia 45 persen, Singapura 40 persen, Malaysia 39 persen, Filipina 31 persen, dan Thailand 27 persen sepanjang tahun 2020.
MediaHub sudah beroperasi sejak 2016 dan mengelola 3 portfolio bisnis yakni Content Service, Cross Platform Ads dan Broadcasting Service. Didukung sinergi Telkom Group dan mitraterpercaya,
MediaHub dapat memfasilitasi operator Pay Tv, penyedia konten, agency periklanan serta korporasi dan
institusi dalam mengembangkan, memproses dan mendistribusikan konten sehingga diyakini dapat
meningkatkan fokus bisnis dan efisiensi organisasi.
Di tahun 2021, MediaHub mulai bekerjasama dengan Kemendikbudristek untuk membantu operasional broadcasting atas konten-konten yang sudah dimiliki untuk dapat dipublikasikan melalui sebuah wadah platform video yang dapat disiarkan dalam bentuk kanal linear 24 jam maupun dalam bentuk program-program lepasan yaitu video-on-demand yang dinamai kanal Indonesiana.
Adanya kerja sama antara MediaHub dan Kemendikbudristek diharapkan dapat terus memberi dukungan penuh pada program-program yang dimiliki atau diinisiasi pemerintah dalam memberikan informasi dan edukasi kepada seluruh rakyat Indonesia. (mir)
Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini