Connect with us

Gojentakmapan

Pengambilan Kartu Tes CASN Disertai Kartu Vaksin

-

KARTU TES -- Suasana pengambilan kartu tes bagi para peserta CASN di Gowa berlangsung di kolong Istana Tamalate Sungguminasa.

GOWA, BKM — Dari 1.918 pendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dinyatakan lulus seleksi administrasi di Kabupaten Gowa, masih tersisa 300 orang yang belum mengambil kartu tes tertulis yang dilakukan Pemkab Gowa melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Pengambilan kartu tes tertulis ini dibuka panitia seleksi CASN Kabupaten Gowa sejak Selasa hingga Jumat (10/9) pekan kemarin, di pelataran Istana Tamalate, Sungguminasa. Melihat kondisi pengambilan kartu tes yang belum tuntas membuat panitia seleksi memberikan kesempatan kepada peserta yang belum mengambil kartu tesnya.
Yang paling menjadi inti dari pelaksanaan seleksi CASN ini adalah penerapan protokol kesehatan dimana setiap CASN ini diwajibkan melampirkan kartu sudah vaksin ke panitia baik pada pengambilan kartu tes bahkan pada setiap tahapan seleksi yang dilakukan.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Gowa, M Agus Salim Harahap, di sela pelayanan pengambilan kartu tes, mengatakan, bagi calon peserta yang belum mengambil kartu tesnya agar datang ke kantor BKPSDM Gowa di kompleks kantor bupati Gowa di Jalan Masjid Raya Sungguminasa pada jam kerja (Senin, red).
Diakui Agus Harahap, prosesi setiap tahapan seleksi tidak luput dari ketatnya penerapan prokes bagi calon peserta maupun para panitia seleksi saat memberikan pelayanan. Selain wajib mengenakan masker, juga disiapkan tempat cuci tangan maupun handsanitiser. Peserta juga diwajibkan memperlihatkan kartu tanda sudah vaksin kepada panitia.
Hal ini dilakukan dengan harapan dalam setiap tahapan seleksi CASN ini tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19. Meski masih ada 300-an peserta belum mengambil kartu tesnya, bukan berarti peserta digugurkan.

”Itu tidak akan kita lakukan, sebab mungkin saja yang belum datang mengambil kartu tes sedang dalam sakit atau ada halangan besar. Makanya kami tetap bijaksana menghadapi ini. Dan kita tetap menunggu datang mengambil kartu tesnya di kantor BKPSDM pada jam kerja. Kami akan menunggu mereks sampai dengan ketentuan batas yang diberikan oleh BKN sendiri,” kata Agus Harahap lagi.
Selain itu, tambah Agus Harahap, peserta yang tidak bisa datang langsung mengambil kartu tes karena sakit atau berada di luar daerah, bisa diwakili dengan ketentuan membawa surat kuasa bermaterai Rp10.000 dan bukti kartu tanda sudah vaksin yang bersangkutan dan juga memakai masker.

”Bagi yang memang belum vaksin atau tidak vaksin maka harus ada keterangan dari dokter ahli alasan kenapa belum vaksin,” kata Agus Harahap.
Untuk tahapan selanjutnya, para peserta masih akan menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan di Kantor Bupati Gowa. Namun untuk dua seleksi ini, pihaknya masih menunggu keputusan dari BKN terkait waktu pelaksanaan.

”Insya Allah apabila tidak ada halangan kita akan melakukannya selama 4 hari sesuai kapasitas ruangan dengan sistem protokol kesehatan tentunya berjarak dan sesuai rujukan surat dari BKN bahwa peserta juga melakukan tes PCR atau antigen,” tambahnya.
Olehnya itu, Agus Harahap berharap, seluruh peserta seleksi CPNS Kabupaten Gowa tahun 2021 bisa mempersiapkan diri dengan baik. Termasuk mempersiapkan persyaratan tambahan yang diwajibkan di masa pandemi Covid-19 ini. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini