Connect with us

Sulselbar

Anggaran Penghasilan Kades & Staf Capai Rp 320 Juta

-

POLMAN, BKM — Anggaran penghasilan Kades beserta stafnya yang cukup wah mencapai Rp 320 juta disorot. Dalam APBDesa 2021, salah satu desa total APBDesanya mencapai Rp 1,3 milyard lebih setahun. Pos belanja aparatur desa terkesan jauh lebih besar dari pada pos belanja barang dan jasa. Penghasilan tetap, tunjangan dan operasional Kades dan perangkatnya cukup besar.

Warga setempat Andi Hamsa Turusi kepada BKM menilai paguanggaran APBDesa justru malah senang dan bersyukur karenapenghasilan tetap, tunjangan plus oprasional para Kades danperangkatnya lebih meningkat agar kinerja mereka dalam melayanimasyarakat bisa semakin baik.

Jika diberi penghasilan tetap, tunjangan, biaya operasional dan lainnya diharapkan pelayanan dankinerjanya harus berbanding lurus antara kinerja dan
penghasilannya.
”Berarti mereka mesti aktif mengikuti aturan jam kantor pada saat jam kantor dan kantor desa jangan sampai sepi disaatjam kantor, ”ucapnya.

Salah satu indikator kinerja Kades dan perangkatnya dinilai baik, nampak dan berhasil jika mereka dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sehingga membuahkan hasil yang kian menggembirakan.
Secara sederhana kinerjanya yang dapat terukur salah satunya jikajumlah penerima bantuan didesa setiap tahunnya dapatberkurang. Penerima BLT/PKH dan sebagainya bisa berkurang karenaperan dan fungsinya pada kondisi sebelum dan sesudahnya perlu dieveluasi.

Setiap tahun kinerjanya diharapkan semakin baik, yakni kesejahteraan warga meningkat sehingga jumlah warga miskin dalam daftar warga miskin penerima bantuan didesa tentu akan semakinberkurang, bukannya justru kian bertambah.
(*)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini