Connect with us

Kriminal

Kejari Makassar Vaksinasi 200 Orang Tahanan

-

BKM/RAHMAT VAKSINASI TAHANAN -- Ratusan tahanan tindak pidana mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di Rutan Mapolda Sulsel.

MAKASSAR, BKM — Kejaksaan Negeri (Krjari) Makassar melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 200 orang tahanan tindak pidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel, Selasa (14/9). Kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan secara maraton, dalam rangka upaya penanganan Covid-19 bagi para tahanan di Rutan Polda Sulsel.
Juga untuk mendukung program pemerintah dalam mendorong percepatan vaksinasi nasional. Vaksinasi yang dilakukan Kejaksaan Negeri Makassar ini, diperuntukkan bagi tahanan yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Kegiatan vaksinasi ini dapat berlangsung atas adanya kerjasama antara Kejari Makassar dengan Politeknik Kesehatan Makassar, KKP Kelas I Makassar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar dan Dit Tahti Polda Sulsel.
Kepala Seksi Bidang Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Makassar, Andi Hairil Akhmad, mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan. Apalagi ini untuk kepentingan bagi para tahanan, serta sebagai langkah percepatan vaksinasi nasional. Serta agar para tahanan tersebut dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.
”Tahanan juga merupakan masyarakat yang berhak mendapatkan vaksin. Sedangkan mereka terbatas untuk mendapatkan hal tersebut. Jadi kami fasilitasi untuk vaksinasi,” ungkap Andi Hairil Akhmad saat dikonfirmasi di Rutan Polda Sulsel.

Sebanyak 200 orang tahanan yang mengikuti kegiatan vaksinasi ini, kata Hairil adalah merupakan tahanan jaksa yang dititipkan di Polda Sulsel, baik itu yang belum berproses hukum maupun yang telah berproses hukum. Dalam implementasi pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat yang termasuk dalam kelompok rentan, terdapat kendala administratif terkait pemenuhan data kependudukan.

Hairil menuturkan, untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan target masyarakat rentan dan masyarakat lainnya yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan tujuan pembentukan kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity). Untuk itu, pelaksanaan vaksinasi terhadap tahanan, memang perlu juga dilakukan bersama-sama dengan Dinas Dukcapil Kota Makassar. (mat)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini