Connect with us

Metro

Masyarakat Rasakan Dampak Program Home Care Home Visit Bupati Sinjai

-

SINJAI, BKM — Dalam kurun waktu tiga tahun memimpin Kabupaten Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) selaku bupati telah memberikan berbagai program strategis yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Hal ini dibuktikan melalui program Home Care dan Home Visit, seperti layanan kesehatan dengan mengunjungi rumah-rumah warga. Hal ini pun telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinas Kesehatan Sinjai Dr Syamsul Bahri Akhas, mengatakan bahwa tenaga medis yang ditugaskan itu tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan namun juga memberi edukasi mengenai perilaku kesehatan yang mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dia menyebut di tahun 2020, jumlah kunjungan untuk Home Visit sebanyak 9.804, kemudian Home Care sebanyak 5.381. Sedangkan pada tahun 2021, jumlah kunjungan untuk Home Visit dari Januari hingga Maret sebanyak 888, sementara Home Care 159 kunjungan.

“Jadi program Pak Bupati ini salah satu cara dalam meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan mendatangi masyarakat,” ungkap Syamsul, Kamis, 16 September 2021.

Dikatakan juga bahwa pemkab melalui Dinas Kesehatan Sinjai menugaskan tenaga kesehatan (nakes) di masing-masing dusun dan desa yang ada di sembilan kecamatan.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa menuturkan, pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah bertujuan untuk meningkatkan dan mempertahankan kondisi kesehatan pasien secara berkesinambungan dan konprehensif.

“Memang, Pemerintah Kabupaten Sinjai komitmen meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tujuannya untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang sehat sehingga berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia,” terang alumni Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) X Tahun 2019 Lemhannas RI ini. (din)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini