Connect with us

Kriminal

Lima Rumah Warga Jalan Haji Kalla Ludes Diamuk Api

-

MAKASSAR, BKM — Sejumlah warga Jalan Haji Kalla, Kecamatan Panakkukang, terpaksa harus mengungsi ke kediaman keluarganya setelah rumahnya ludes dilahap si jago merah yang terjadi pada Minggu Malam (19/9).

Dari kejadian ini, lima unit rumah warga yang terdiri dari 12 kepala rumah tangga. Hunian mereka tinggal menyisakan rangka arang. Sejumlah warga paska kebakaran bergotong royong membantu membersihkan puing-puing rumah para korban.
Petugas kepolisian juga telah memasang garis polisi. Di samping itu, mengumpulkan keterangan saksi-saksi serta melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan lima unit rumah warga.

Aminuddin, salah seorang warga yang merupakan saksi, mengatakan, api begitu cepat merembes ke pemukiman lain yang terbuat dari material kayu.
”Kobaran api begitu cepat merembes. Apalagi hunian di lokasi kebakaran umumnya terbuat dari material kayu (rumah panggung). Tapi beruntung pemadam kebakaran dengan cepat berada di lokasi hingga akhirnya api berhasil dipadamkan,” kata Aminuddin.

Saksi enggan bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Namun ia menduga jika kebakaran terjadi akibat kosleting.
”Kemungkinan terjadi kosleting yang memicu terjadinya kebakaran. Tapi tidak tahu juga penyebabnya. Itu hanya dugaan saja. Tapi semua yang lebih tahu tidaka lain petugas kepolisian,” katanya.
Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar)Kota Makassar, Hasanuddin, mengatakan, personel Damkar begitu menerima informasi saat kejadian dengan cepat bergerak ke lokasi. Hanya saja, saat di lokasi sedikit ada hambatan.

”Sedikit ada hambatan saat personel hendak tiba di lokasi. Karena di jalan masuk ke lokasi cukup banyak kendaraan yang terparkir. Sedikit menyita waktu di Jalan. Olehnya itu, sering kami mengimbau warga jika lokasi kebakaran masuk ke lorong-lorong. Itu diusahakan ruang jalan disterilkan biar perjalanan personel Damkar berjalan mulus,” terang Hasanuddin.

Kendati demikian, Hasanuddin menjelaskan, kebakaran yang terjadi di Jalan Haji Kalla berhasil dipadamkan setelah lima rumah unit rumah warga ludes.
”Alhamdulillah api berhasil dipadamkan di Jalan Haji Kalla. Dan diketahui di lokasi itu merupakan penduduk cukup padat dan rerata hunian rumah panggung. Mengenai penyebabnya, itu pihak berkewenangan yang akan menjelaskan. Polisi juga saat kebakaran dengan cepat berada di lokasi membantu kami sehingga proses pemadaman berjalan lancar,” tandasnya. (ish/b)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini