Connect with us

Headline

Lusa, Andi Amran Sulaiman Deklarasi Menuju Pilpres

-

MAKASSAR, BKM — Mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman tengah mempersiapkan deklarasi guna menyambut kontestasi pemilihan presiden (pilpres) yang akan dihelat pada Februari 2024 mendatang. Deklarasi yang diinisiasi oleh Relawan Andi Sudirman (RAS) dengan format siaran langsung dilakukan di seluruh provinsi pada Jumat (24/9) lusa.

Sejak Selasa (21/9) kemarin, salah satu tim relawan dari aktivis pertanian yang juga Ketua Gempita Muh Dadang Riada sudah memberikan informasi kesiapan deklarasi untuk Andi Amran. Relawan ini memiliki pendukung yang berasal dari para petani milenial, yang sejak awal telah memberikan dukungan untuk AAS agar maju di pilpres mendatang.
Mujiburahman yang dihubungi, kemarin mengaku bila banyak relawan yang ingin menggelar deklarasi untuk Andi Amran Sulaiman. Hanya saja, tim pusat masih mencatat relawan-relawan tersebut.

“Iya, begitu banyak orang dan relawan yang ingin menggelar acara deklarasi, namun saat ini semuanya sedang dibahas,” kata mantan anggota DPRD Makassar ini.
Soal teknis dan siapa saja yang akan diundang dalam acara deklarasi tersebut, Mujiburahman belum mendapat informasi secara detail. “Saya belum dapat informasinya,” ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, Andi Amran Sulaiman yang juga pendiri PT Tiran Group digadang-gadang untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres). Bahkan sejumlah lembaga survei telah menempatkan posisi Andi Amran dalam elektoral yang cukup tinggi sebagai calon wakil presiden.
Saat ini, elektabilitas Andi Amran Sulaiman makin menunjukkan peningkatan signifikan. Hal ini terlihat dari hasil survei terbaru dari Index Indonesia.

Dari rilisnya, Index Indonesia mencatat, nama Amran muncul sebagai figur calon wakil presiden yang paling berkontribusi besar dalam meraup suara, khususnya di kawasan timur Indonesia (KTI) siapapun yang menjadi pasangannya.
Pada survei tersebut, dari tiga besar bakal calon presiden, nama Prabowo memperoleh elektabilitas tertinggi dengan 37,0 persen, disusul Anies Baswedan dengan 31,9 persen dan Ganjar Pranowo 25,5 persen.
Sedangkan untuk tiga besar bakal calon wakil presiden ditempati Agus Harimurti Yudhoyono 55,5 persen yang merepresentasikan figur dari Jawa. Kemudian Muhaimin Iskandar 15,3 persen yang juga merepresentasikan Jawa, dan Andi Amran Sulaiman 9,3 persen yang merepresentasikan Indonesia timur.
Hasil yang menarik dari survei ini adalah mencuatnya nama Andi Amran Sulaiman yang dinilai merupakan calon wakil presiden yang paling berkontribusi dalam menyumbang suara dan mengangkat elektabilitas ketika dipasangkan dengan calon presiden terkuat lainnya, seperti Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo.

Pada Anies, ketika dipasangkan dengan Andi Amran, elektabilitasnya naik menjadi 35, 1 persen dari 30 persen sebelum berpasangan. Bahkan ketika berpasangan dengan Anies, posisi elektabilitas pasangan ini menduduki puncak keterpilihan paling besar. Begitu pula dengan elektabilitas Ganjar yang naik menjadi 24,3 persen dari sebelumnya 23,8 persen.

Dalam survei ini disebutkan figur Andi Amran diidentifikasi publik sebagai sosok yang berkarakter tegas, berkepribadian sederhana, sosok jujur dan anti korupsi, berhasil dalam tugas kementerian dan paling pas mewakili Indonesia Timur.
Andi Amran juga dinilai merupakan figur calon wakil presiden paling potensial dalam kontestasi pilpres 2024 mendatang. Hal ini disebabkan karena Andi Amran merupakan figur yang mampu berkontribusi besar dalam mendulang suara di timur Indonesia, siapapun pasangannya. (rif)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini