Connect with us

Gojentakmapan

Puslitbang Polri Evaluasi Supervisi Aplikasi TIK Polres Gowa

-

PENJELASAN -- Kombes Pol Saefuddin memberikan penjelasan terkait sistem teknologi informasi era Polisi 4.0 kepada personel Polres Gowa.

GOWA, BKM — Pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan supervisi dan penelitian serta evaluasi penggelaran aplikasi di lingkungan Polri. Supervisi ini juga menyasar lingkup Polres Gowa, Senin (20/9).
Supervisi, penelitian serta evaluasi penggelaran aplikasi di lingkungan Polri ini dilakukan dalam rangka menerapkan teknologi informasi era Police 4.0. Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Saefuddin Mohammad, tiba di Polres Gowa didampingi AKBP Haryono serta konsultan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dipl-Ing Meidy Layooari serta konsultan dari Div TIK Polri, Iptu Sugiarto.

Kunjungan tim ini disambut hangat Wakapolres Gowa Kompol Soma Miharja di aula Endra Dharmalaksana Polres Gowa. Kombes Pol Saefuddin mengatakan, kegiatan penelitian tentang evaluasi penggelaran Aplikasi di lingkup Polri sekaitan penerapan teknologi Informasi era Police 4.0 ini, dilakukan di tujuh Polda. Salah satunya di Polda Sulawesi Selatan dan Polres jajaran.

”Ada beberapa tujuan dilakukan penelitian ini, yakni untuk mengetahui standar yang digunakan dalam pembangunan aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri, untuk mengetahui apakah aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri sudah ditempatkan secara terpusat pada infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada data centre Polri dan untuk mengetahui apakah aplikasi Kepolisian untuk mendukung layanan eksternal dan internal Polri sudah menyatu dan terintegrasi antar fungsi. Selain itu untuk mengetahui apakah data dari aplikasi yang tergelar dapat dikumpulkan diolah dan disajikan untuk mendukung pengambilan keputusan pimpinan Polri serta untuk mengetahui bagaimana tata kelola keamanan data dan informasi dari aplikasi yang tergelar di lingkungan Polri saat ini,” jelas Kombes Pol Saefuddin di hadapan para pejabat utama dan personel perwakilan berbagai satuan di Polres Gowa.
Dikatakan, untuk mendukung penelitian ini, tim Puslitbang menggelar beberapa metode diantaranya penyebaran kuesioner ke anggota secara online untuk diisi dan melakukan diskusi kelompok serta wawancara mendalam.

Dijelaskan pula bahwa saat ini yang diberlakukan adalah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yakni sistem penyelenggaraan pelaksanaan institusi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE seperti tertuang pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini