Connect with us

Gojentakmapan

Tiga Kelurahan di Somba Opu Buka Layanan Vaksin di Balla Lompoa

-

BKM/SAR VAKSINASI -- Suasana vaksinasi yang berlangsung di kolong museum Istana Balla Lompoa di Sungguminasa.

GOWA, BKM — Pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gowa terus menerus digencarkan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa. Yakni bekerjasama dengan berbagai lembaga lainnya, baik dengan TNI, Polri hingga komunitas pemuda dan Ormas.

Salah satu yang dilakukan adalah vaksinasi yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Somba Opu melalui tiga pemerintah kelurahan, yakni Kelurahan Sungguminasa, Kelurahan Bonto-bontoa, dan Kelurahan Tompobalang.
Vaksinasi Sinovac yang berlangsung Selasa pagi (12/10) digawangi tim vaksinator dari RSUD Syekh Yusuf dan Puskesmas Samata. Sejumlah lurah pun hadir memantau sekaligus mendampingi masyarakatnya yang datang vaksin.
Lurah Sungguminasa. Anasrul Arief, mengatakan, khusus untuk Sungguminasa, targetnya adalah semua sasaran vaksin yakni sebanyak 5.000 jiwa dari total 7.000 jiwa penduduk Sungguminasa.
”Animo masyarakat untuk vaksin kini makin tinggi. Pasalnya, kartu vaksin menjadi lampiran setiap kali masyarakat hendak melakukan kegiatan bepergian jauh. Makanya, sekarang masyarakat yang mencari pelayanan vaksinasi ini. Di Sungguminasa ini sudah capai 49,33 persen dari 7.000 jiwa penduduk. Dan kita hanya target 5.000 jiwa tervaksin. Sekarang capaian kami baru 2.000-an jiwa tervaksin,” jelas Lurah Sungguminasa yang hadir bersama Lurah Tompobalang Rivan M, Lurah Bonto-bontoa Iqra, Lurah Tombolo dan Lurah Paccinongan Pangerang, Lurah Pandang-pandang, Yuyun Yuniarti, serta Lurah Romangpolong, Andi Mappatunru.

Agar target vaksin tercapai, Anasrul Arief pun mengimbau masyarakat yang belum agar segera vaksin. ”Mereka yang sibuk agar bisa luangkan waktu sejenak untuk vaksin dulu. Agar kita bisa kurangi penyebaran covid-19 ini. Alhamdulillah, yang datang hari ini vaksin banyak. Ada pelajar, ada ibu hamil, lansia, dan masyarakat umum lainnya. Termasuk dari beberapa kelurahan lainnya,” jelas Anasrul Arief.
Sementara itu, Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Gowa, Gaffar mengatakan, vaksinasi hari ini (kemarin) rerata diikuti pelajar dan ibu rumahtangga serta sejumlah driver grab.
”Vaksinasi yang dilakukan kolaborasi tiga lurah ini berlangsung lancar dan santai tanpa antrean banyak. Vaksinasi juga kami lakukan dua tempat lainnya, yakni di SMAN 9 Gowa di Pallangga dengan 500 dosis dan SMAN 14 Gowa di Somba Opu 300 dosis,” kata Gaffar.

Secara total cakupan vaksinasi khusus untuk Kecamatan Somba Opu kata dr Gaffar sudah pada 45.54 persen atau 48,887 jiwa dari sasaran vaksin 107.354 jiwa (dari jumlah penduduk Somba Opu 153.363 jiwa).
”Insya Allah kita berupaya memaksimalkan capaian vaksinasi ini. Kami juga salut dengan adanya rencana camat Somba Opu bersama 14 lurahnya melakukan vaksinasi sistem bazaar. Dimana pelaksanaan vaksinasi itu nanti akan dilakukan dengan melibatkan UMKM, termasuk kuliner. Sehingga warga yang datang vaksin lebih nyaman lagi sambil menunggu sambil belanja. Kami support dan apresiasi rencana itu,” jelas Gaffar. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini