Connect with us

Metro

Dosen UMI Latih Warga Membuat Ecobrick

-

MAKASSAR, BKM.COM–Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) tengah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Sanrobone, Kabupaten Takalar. Kegiatan ini adalah workshop pembuatan ecobrick sebagai penanggulangan sampah plastik.

Ketua Tim, Hermin Hardyanti Utami mengatakan jika Ecobrick sendiri adalah salah satu solusi alternative untuk mendaur ulang sampah plastik.

“Posisi Indonesia yang berada pada urutan kedua, setelah Cina, sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di dunia menjadi alasan utamanya melakukan kegiatan ini,” ujarnya.

“Tentu saja sebagai anak muda, dan sebagai salah satu dosen UMI, saya harus mengambil inisiatif untuk berperan aktif dalam membasmi sampah plastik,” tambahnya.

Pembuatan Ecobrick ini juga sangat mudah, yaitu dengan membersihkan sampah plastik dan memasukkannya ke dalam botol air mineral bekas hingga isi botolnya padat.

Ecobrick ini selain dapat mendaur ulang sampah plastik, juga dapat bernilai ekonomis sebab produk akhir dari ecobrick dapat dijadikan meja atau kursi yang dapat dijual kembali.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat desa Sanrobone.

Sekretaris Desa, Suwardi mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan sampah plastik.  Hal ini katera setiap rumah pasti menghasilkan sampah plastik.

Selain itu, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan organisasi local di desa yaitu Karang Taruna sehingga antusiasme masyarakat khususnya pemuda desa dalam kegiatan ini sangat baik.(rls)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini