Connect with us

Gojentakmapan

Warga Antusias Peringati Maulid di Masjid Baburrezki

-

GOWA, BKM.COM–Warga bersama jemaah Masjid Baburrezki,Perumahan Mutiara Indah Village, antusias memperingati maulid atau lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW, Minggu (31/10), malam ini.

Maulid yang diadakan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baburreszki, turut dihadiri pemerintah setempat, ketua RW dan RT dalam wilayah Perumahan Mutiara Indah Village.

Ketua DKM Masjid Baburrezki, Drs KH Mahyuddin Latuconsina MH, mengatakan, meskipun masih dalam pandemi covid-19, peringatan maulid nabi jangan sampai berkurang.Apalagi saat ini semamgat sebagian umat Islam dalam memperingati maulid mulai kendor.

“Kalau ada yang mengatakan maulid itu haram, maka perlu syahadat ulang. Karena dia telah mengingkari kelahiran nabi,”tegas KH Mahyuddin.

KH Mahyuddin juga menyampaikan banyak terima kasih ke jemaah masjid, warga perumahan dan terkhusus kepada Rektor 4 UIN Alauddin yang telah hadir serta siap membawakan hikmah maulid. Serta kegiatan maulid ini tetap mengacu protokol kesehatan.

“Kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini, saya ucapkan terima kasih, serta permohonan maaf bila ada kesalahan selama acara berlangsung,”ujarnya.

Sementara itu, sambutan dari Kepala Lingkungan Garaganti, Hasan Dg Gassing, mewakili lurah Romang Polong, mengatakan, Perumahan Mutiara Indah Village adalah perumahan yamg terbersih dan paling rapi dari 16 perumahan di Garaganti. dan penghuninya baik-baik semua.”Saya salut kekompakan dari para warga. Terima kasih bisa menjaga persatuan dan kebersihan perumahan,”singkatnya.

Begitupun yang disampaikan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Somba Opu, Syamsuddin, S.Sos, Msi dalam sambutannya mewakili camat Somba Opu.

Menurutnya, kegiatan maulid disamping menumbuhkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW juga sebagai ajang mempererat kebersamaan.
“Mari kita jaga kebersihan lingkungan (PHBS), perilaku hidup bersih dan sehat. Apalagi sudah masuk musim hujan,”ujarnya.

Ketua RW 13, Muhammad Dahlan, SAg juga menambahkan, bahwa kekompakan sesama warga di perumahan patut disyukuri, apalagi dalam hal kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan.”Saya selaku ketua RW salut akan kekompakan warga dalam menjaga kebersihan dan persatuan sesama warga pwrumahan,”singkatnya.

Adapun thema dari maulid malam ini yakni “Dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kita tingkatkan iman dan ukhuwah Islamiyah”.

Dr KH Kamaluddin Abu Nawas M.Ag (wakil rektor 4 UIN Alauddin) dalam hikmah maulid menjelaskan bahwa, masjid itu tidak hanya tempat ibadah, tetapi juga tempat bermusyawarah.

“Hampir semua yang kita lakukan setelah nabi adalah bid’ah (tidak dilakukan nabi), nabi masih sujud di masjid yang berlantai tanah, sekarang kita sujud yg berlantai keramik.Nabi tidak melakukan salat tarawih berjamaah, nanti setelah Umar menjadi Khalifah baru dilakukan secara berjamaah, dan beliau mengatakan bahwa inilah bid’ah yang baik,” ujar KH Kamaluddin.

Adapun yang disebut bid’ah, jelas KH Kamaluddin, dalah menambah atau mengurangi ibadah2 mahdah.

“Ada yang Wajib bagi nabi tapi.sunnah bagi kita yakni salat tahajjud. Begitupn ada yang Wajib bagi nabi tapi haram bagi kita yakni poligami. Termasuk ada yang wajib bagi nabi dan Wajib juga bagi kita yakni salat lima waktu,”jelas KH Kamaluddin.(war)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini