Connect with us

Metro

Dewan Usul Bahas Kelebihan Pegawai di Perumda Air Minum

-

int Wiliam Laurin

MAKASSAR, BKM–Ketua Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar, William Laurin mengusulkan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera melakukan rapat evaluasi bersama Perumda Air Minum Makassar.

Ini terkait jumlah pegawai Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar yang dinilai melebihi kapasitas atau overkapasitas dari ketentuan rasio permendagri yakni satu pegawai banding 200 pelanggan.
Hal ini kemudian berdampak kepada deviden yang tak kunjung disetorkan kepada pemerintah kota.
Sebab berdasarkan Informasi yang dihimpun, jumlah karyawan PDAM saat ini sekitar 1.300 orang, dengan jumlah rata-rata pelanggan 176 ribu.

“Jadi begini, kami minta ke pemerintah untuk memanggil perusahaan daerah untuk menanyakan kendalanya. Karena pemerintah kota adalah pemegang saham terbesar,” ujar William.
“Secara keseluruhan harus dilakukan evaluasi bukan struktur, memanggil untuk kita rapat kerja, apakah pihak eksekutif yang memanggil, dan menjelaskan apa masalah solusinya, jangan sampai stagnan,” lanjutnya.
Sebelumnya, William mengatakan, pihaknya juga telah memanggil PDAM untuk menanyakan kendalanya, dan mereka berasalan jika kondisi pandemi covid-19 membuat perusahan daerah tersebut merugi.
“Ada rekomendasi dari BPK bahwa PDAM ini bahwa masih dalan kondisi merugi tidak mengapa tidak menyetor difiden. Tapi kan sekarang covid sudah mulai turun, jadi harusnya sudah punya inovasi untuk melakukan evaluasi tentang menangani perusda,” tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengaku geram lantaran beberapa perusda, termasuk PDAM belum menyetorkan deviden ke pemerintah kota.
Danny, sapaannya mengatakan minimnya deviden menandakan kinerja buruk. Ia mengatakan hal itu akan menjadi bahan evaluasi bagi seluruh perusda.
“Apalagi yang sudah berganti status jadi Perumda, baru tidak adaji devidennya kita pasti evaluasi,” ungkapnya.(nug)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini