Connect with us

Bisnis

Astra Motor Resmikan SMKN 1 Papalang Jadi SMK Binaan Honda

-

SERAHKAN UNIT -- Manajemen Asmo Sulsel menyerahkan satu unit sepeda motor sebagai bentuk dukungan pada pendidikan SMK yang memiliki jurusan teknik sepeda motor.

MAKASSAR, BKM — Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra, dan Ambon, senantiasa ingin andil dalam pengembangan sumber daya manusia. Khususnya dibidang pendidikan teknis sepeda motor serta tenaga pengajar SMK.
Kali ini, Asmo Sulsel meresmikan SMK 1 Papalang sebagai SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Astra Honda (TBSM), Rabu (24/11). Tidak hanya itu, pada kegiatan ini sekaligus diresmikan program Teaching Factory kelas industri dan dibarengi dengan peresmian laboratorium service sepeda motor Honda.
Acara ini turut dihadiri manajemen Astra Motor Sulsel, Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, serta jajaran pejabat SMK. Peresmian SMKN 1 Papalang menjadi SMK TBSM Honda ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).
Dalam rangka kerjasama ini Astra Motor memberikan Laboratorium Bengkel Sepeda Motor Honda, Special Tools, Modul Pembelajaran, serta 1 unit Honda Beat sebagai bentuk dukungan pada pendidikan sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan Teknik Sepeda Motor.
Kepala wilayah Astra Motor Sulsel, Thamsir Sutrisno, mengatakan, bantuan yang diberikan tidak hanya bersifat pemberian. Tetapi secara berkelanjutan. Ke depan, pihaknya akan terus mengontrol, untuk meingkatkan mutu SMK yang dibinanya.
”Melalui kerja sama yang terjalin apik antara Honda dan SMK, kami berkomitmen untuk mencetak SDM yang siap bersaing di dunia kerja. Kami rasa hal yang paling penting adalah memberikan dukungan pada sekolah yang berpotensi untuk terus berkembang, dukungan pada SMK seperti ini memang harus giat dilaksanakan demi kemajuan perekonomian masyarakat juga,” kata Thamsir.
Thamsir menambahkan, saat ini SMK Binaan Honda sudah tersebar di wilayah cakupan Astra Motor Sulsel sejumlah 21. Di Sulsel sebanyak 12 SMK Binaan, Sulbar 2 SMK , Sultra 6 SMK, serta di Ambon SMK.

”Harapan kami, di masa akan datang program SMK Binaan ini akan terus berkembang dan terus mencetak SDM unggul di Indonesia. Bersama Honda SMK Bisa!,” pungkasnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala SMKN 1 Papalang, Abdul Waris Yahya, menjelaskan, kerjasama ini nantinya akan sangat berguna agar kurikulum yang diajarkan selaras dengan kebutuhan industri. Tujuannya agar program yang berjalan bias link and match.

”Karena itu kami melakukan terobosan baru dengan dibantu stakeholders terkhusus Honda melalui main dealer Astra Motor Sulawesi Selatan. Banyaknya lulusan SMK yang nganggur karena program yang tidak link and match, hanya link saja. Kami sudah mencoba membahas kurikulum bersama Industri, Honda akan menjamin kualitas sarana serta kurikulum siswa dan guru. Tahun ini secara khusus kami buat program 70% anak-anak di industry dan 30 persen di kelas. Harapannya nanti selepas kerjasama dengan Honda, lulusan kami bisa langsung cepat beradaptasi dengan standarisasi bengkel resmi AHASS. Itu semua tidak akan berjalan tanpa adanya bantuan dari Honda serta dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar,” ungkap Abdul Waris.
Di sela kegiatan peresmian SMKN 1 Papalang, turut hadir jajaran sepeda motor Honda, termasuk produk terbaru Honda, yaitu All New Scoopy, skutik fashionable yang cocok bagi generasi millenial. Ada juga promo service gratis untuk 100 unit motor Honda bagi pelajar serta masyarakat sekitar. (mir)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini