Connect with us

Headline

Malam Ini Anugerah Guru Inspiratif dan Guru Pengabdi

-

MAKASSAR, BKM — Dewan Pendidikan Kota Makassar menggelar malam penganugerahan Guru Inspiratif dan Guru Pengabdi, malam ini, Kamis (25/11) di Hotel Claro Makassar.
Ketua Panitia Kegiatan, Mahmud MD menjelaskan, kegiatan ini digelar sebagai rangkaian Hari Guru Nasional dengan tema lokal Guru Inspirasiku, Mengabdi Tanpa Pamrih.
Dalam jumpa pers yang digelar di Sekretariat Dewan Pendidikan, Rabu (24/11), Mahmud mengatakan pemberian penghargaan tersebut sebagai apresiasi bagi guru yang telah berjuang, mengabdi dan berdedikasi secara ikhlas demi kemajuan pendidikan di Kota Makassar.

“Jadi ada dua jenis penghargaan yang diberikan yakni guru inspiratif dan guru pengabdi,” ungkap Mahmud.
Dia mengatakan, khusus untuk kategori guru pengabdi, Dewan Pendidikan melakukan investigasi dan penelusuran jejak terhadap guru yang dinilai memenuhi kriteria. Termasuk keikhlasan dalam mengabdi tanpa pamrih. Kategori ini dibagi dua jenis, yakni untuk guru ASN dan guru honorer.
Sementara kategori guru inspiratif, kata Mahmud, dipilih berdasarkan prestasi dan inovasi yang telah diraih selama ini. Misalnya pernah menjadi juara pada kompetisi pendidikan baik tingkat daerah hingga internasional. Atau punya penemuan yang bisa dimanfaatkan.
Untuk guru inspiratif, sebanyak 60 orang mengikuti proses seleksi dan terpilih empat orang yang akan diberi penghargaan sebagai juara I, II, III, dan harapan I.
Selain pemberian penghargaan untuk guru, juga ada penyerahan hadiah bagi siswa yang meraih gelar juara pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang dilaksanakan belum lama ini. Tujuan LCC ini untuk mengukur dan mengevaluasi seberapa efektif pembelajaran yang dilakukan secara offline. “Jadi semua yang menerima penghargaan akan diumumkan besok (nanti) malam,” terangnya.
Sementara itu, salah seorang pengurus Dewan Pendidikan Makassar, Aminuddin Tarawe menjelaskan Malam Anugerah ini dilaksanakan sekaligus untuk memberikan gambaran menyeluruh terhadap program dan pelaksanaan kegiatan Dewan Pendidikan Makassar selama tahun 2021.

Dia menambahkan, sejauh ini cukup banyak kegiatan yang telah dilaksanakan Dewan Pendidikan. Di antaranya rakor pendidikan, sosialisasi-sosialisasi terkait kebijakan pendidikan Pemkot Makassar, hingga FGD dengan berbagai stakeholder terkait.
“Kami berharap pemberian penghargaan ini bisa menjadi kegiatan tahunan. Ini cukup luar biasa karena menjadi satu-satunya program yang digagas Dewan Pendidikan Makassar di Indonesia,” tandasnya. (rhm)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini