Connect with us

Gojentakmapan

PGRI-Disdik Maros Gelar Seminar ‘Revolusi Mental’

-

MAROS. BKM — Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional tahun 2021 pada 25 November 2021, pengurus dan anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Maros bekerja sama Dinas Pendidikan (Disdik) Maros menggelar seminar sehari.
Seminar ini mengangkat tema ‘Revolusi Mental Dunia Pendidikan Menuju Generasi berkarakter”. Peserta seminar hampir 500 orang berasal dari guru tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA.
Bupati Maros, HAS Chaidir Syam menghadiri sekaligus membuka seminar ini. Turut hadir kepala Disdik Maros, ketua PGRI Maros, pengawas dan pengurus dewan pendidikan, serta para narasumber. Seminar berlangsung di Gedung Serbaguna Maros, Selasa (23/11).

Bupati Maros, Chaidir Syam, menyampaikan terima kasih kepada dinas pendidikan dan pengurus PGRI yang begitu besar perannya membantu pemerintah dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) guru dan tenaga kependidikan di Kabupaten Maros.
”Dengan kegiatan ini saya berharap agar pelaku pendidikan lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola pendidikan menghadapi tantangan abad 21,” harap bupati.
Dikatakan bupati, saat ini Pemerintah Kabupaten Maros fokus pada pembangunan SDM. Guru sangat berperan untuk mengubah cara pikir, cara kerja, dan cara hidup dalam menanamkan nilai-nilai revolusi mental di sekolah sebagai pusat perubahan.

”Sangat luar biasa jika semua guru telah menanamkan nilai-nilai revolusi mental di sekolah sebagai pusat perubahan,” ujar bupati.
Sementara itu, Kadis Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir, pada acara tersebut, mengatakan, nilai-nilai revolusi mental yang harus dimiliki para pendidik dalam hal ini guru ialah integritas, etos kerja, dan gotong-royong.
Nilai-nilai itulah yang diharapkan dapat ditularkan kepada peserta didik. Sehingga membentuk karakter dan akhlak peserta didik yang tidak dapat digantikan dengan teknologi. Tapi guru harus mampu menerapkan teknologi yang tepat di dalam mengajar siswanya.
”Proses pendidikan dan sarana pendukung, yaitu harus memberi dampak pada peningkatan kompetensi dalam dimensi pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi peserta didik,” kata Takdir. (ari/c)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini