Connect with us

Sulselbar

Gilaaa….. Kalah Pilkades, Pendukung Cakades Blokir Jalan

-

BANTAENG, BKM — Dari sembilan desa yang melaksanakan Pilkdes di Kabupaten Bantaeng, satu diantaranya yakni Desa Batu Karaeng, Kecamatan Pa’jukukang, masih menyisakan masalah dan kini berbuntut panjang.

Hasil pilkades serentak dengan menggunakan e-voting, Rabu (27/10) lalu, diprotes pendukung yang kalah. Dua desa yang sempat memanas yakni Desa Rappoa, Kecamatan Pa’jukukang dan Desa Batu Karaeng. Suhu politik Desa Rappoa berakhir setelah kotak suara dibuka dan dihitung ulang.

Sementara Batu Karaeng, tidak mengajukan keberatan kepada panitia pilkades. Namun pendukung kandidat yang kalah melakukan pemblokiran jalan kabupaten tak jauh dari kantor Desa Batu Karaeng.
Plt Kades Batu Karaeng, Summang Misi, Kamis (25/11), membenarkan hal tersebut. Kata dia, penutupan jalan diduga dilakukan pendukung calon urut 2, yang kalah dalam pemungutan suara.
Akibat pemblokiran tersebut, lanjut dia, ada 20 KK yang kesulitan beraktifitas keluar masuk menggunakan kendaraan karena hanya satu-satunya jalan yang diblokir itu sebagai akses kekuar masuk.
Summang mengaku, sudah berupaya mendatangi kediaman terduga pelaku, tapi tidak berhasil bertemu. “Sudah berapa kali saya mendatangi rumahnya untuk melakukan mediasi, tapi tidak berhasil ketemu”, akunya.

Sulaeman, warga yang akses jalannya diblokir, mengatakan, dirinya bersama warga yang “terisolir” sudah tidak sabaran akan membuka paksa penutupan jalan itu. Namun, kata dia, Kades terpilih mencegah dan meminta menyerahkan kepada aparat pemerintah.
Plt Camat Pa’jukukang, Andi Rigas Panawang, mengatakan, masalah tersebut sudah masuk kategori pidana karena menutup akses jalan milik pemerintah. Jadi, kata dia, hal ini akan diselesaikan bekerjasama aparat kepolisian.
Sementara itu, Plt Kades Batukaraeng, menambahkan, bahwa selain telah berupaya menempuh jalur mediasi tapi gagal, persoalan ini telah dilaporkan secara tertulis ke polisi. “Tadi saya sudah menyerahkan laporan tertulis ke Polres”, pungkasnya. (wam/C)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini