Connect with us

Kriminal

Pasang Foto Polwan, Tiga Penipu Dibekuk

-

MAKASSAR, BKM — Tiga orang lelaki digelandang ke Mapolrestabes Makassar setelah sebelumnya diuber-uber tim Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polrestabes Makassar. Ketiganya dihadapkan dengan aduannya dalam tindak pidana penipuan.
Kepada polisi, ketiganya menyebutkan identitasnya masing-masing bernama Adi, Erwin, dan Anto. Ketiganya juga mengaku sampai berurusan polisi lantaran melakukan penipuan jual mobil dan rental.

”Ketiga lelaki yang diamankan ini adalah pelaku penipuan. Untuk menyakinkan korbannya membayar uang muka atau DP, mereka memasang foto di akun profilnya foto polisi wanita (Polwan). Setelah korbannya mentransfer uang, pelaku ini memblokir nomor korbannya dengan maksud menghilangkan jejak,” jelas Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar, Iptu Nasrullah, Selasa (23/11).
Sebelumnya, kata perwira dua balok di pundaknya ini, ketiga pelaku melakukan modusnya dengan jual mobil dan rental di sebuah aplikasi penjualan. Dengan demikian, postingan pelaku digubris calon pembeli mobil yang merupakan calon korbannya.

”Dari transaksi yang dilakukan pelaku kepada korban agar korban yakin mentransfer uang muka atau DP, pelaku memasang foto seorang polwan, korban pun terperdaya hingga mentransfer uang. Pelaku lalu memblokir nomor korban. Korban pun merasa tertipu hingga melayangkan aduan,” jelas Kasubnit Jatanras lagi.
Laporan korban ditindaklanjuti. Perburuan terhadap pria yang sudah dikantongi identitasnya dilakukan. Hasilnya, pada Selasa dini hari, 23 November 2021, dua orang terduga pelaku Adi dan Anto diringkus di wilayah Kabupaten Wajo dan Erwin diringkus di Kabupaten Sidrap.
”Kasus ini masih dalam pengembangan. Ada 13 orang komplotan pelaku ini melakukan aksinya dan peranan ketiganya berbeda-beda. Ada yang menawarkan penjualan mobil, ada yang menyediakan rekening serta eksekutor. Dari penangkapan ketiganya barang bukti yang disita berupa laptop dan gawai,” pungkas Kasubnit 2 Jatanras Polrestabes Makassar, Iptu Nasrullah. (ish/c)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini