Connect with us

Gojentakmapan

Pelaku Tambang Wajib Kantongi Izin Pemprov

-

TAKALAR, BKM-Maraknya tambang golongan galian C di sejumlah wilayah di Kabupaten Takalar, mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah setempat, khususnya izin resmi pengoperasian tambang.

Sebab jika tambang tidak mengantongi izin resmi akan berdampak pada kerusakan lingkungan yang ada di sekitar tambang

Menyikapi keberadaan tambang tersebut, pemerintah Kabupaten Takalar meminta pelaku tambang galian golongan C untuk mengurus proses perizinan pertambangan.

” Membahas persoalan tambang memang tidak ada habisnya dan kadang menimbulkan pro kontra di masyarakat, olehnya itu tambang dapat dilanjutkan apabila mendapat izin resmi dari pemerintah.” Kata Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi, Kamis (25/11), kemarin.

Sekda Takalar menjelsskan eksistensi tambang itu, saat membuka pertemuan koordinasi sinkronisasi dan evaluasi kebijakan pertambangan dan lingkungan hidup yang berlangsung di Villa Saung Beba, Desa Tamasayu, Kecamatan Galesong Utara yang diselenggarakan oleh Bagian Perekonomian SDM sekretariat daerah.

Sekda Takalar, H Muhammad Hasbi , juga dalam sambutannya mengatakan, dampak penambangan yang tidak sesuai standar operasional juga dapat mengikis kesuburan tanah

Ditambahkannya, untuk mendapatkan izin tambang terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari dinas lingkungan hidup provinsi kemudian dilanjutkan ke kantor PTSP Kabupaten yang ditandatangni oleh bupati, setelah mendapatkan rekomendasi kemudian diteruskan ke dinas ESDM untuk dilanjutkan ke dinas PTSP Prov. Sulsel

” Untuk saat ini Kabupaten Takalar tidak ada tambang ilegal, yang paling penting kepada kepala desa dan masyarakat, saya harap supaya jangan ikut-ikutan menerima suap untuk merusak lingkungan. Mari kita jaga daerah kita agar tetap aman dan tentram” harap Sekda Takalar. (Ari Irawan)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini