Connect with us

Headline

Danny akan Tunjuk Plt Ketua RT/RW

-

MAKASSAR, BKM — Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto berencana akan melakukan resetting RT/RW Februari mendatang. Persiapan sudah dilakukan. Danny sudah menginstruksikan Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Harun Rani untuk melakukan update data ketua RT/RW saat ini.
”Sesuai instruksi wali kota, saat ini kita melakukan pendataan RT/RW. Kita sudah bersurat pada seluruh camat untuk mengirimkan update terkini RT/RW,” kata Harun, Rabu (12/1).

Langkah tersebut dilakukan, karena bisa saja ada ketua RT/RW yang sudah meninggal atau berpindah tempat tinggal. Setelah update data RT/RW rampung, selanjutnya BPM akan melaporkan ke wali kota.
Sejauh ini, dia belum bisa memastikan tanggal pasti pemilihan RT/RW akan berlangsung. Yang pasti, agendanya akan dilaksanakan secara serentak di bulan Februari mendatang. Karena jabatan RT/RW baru akan berakhir di bulan itu.

Sekiranya pemilihan RT/RW molor misalnya, kata Harun, pihaknya menunggu instruksi wali kota apakah nantinya harus menunjuk pelaksana tugas atau seperti apa mekanismenya. “Yang pasti apa yang diperintahkan Pak Wali itu akan kita laksanakan,” tuturnya
Dia menambahkan, petunjuk teknis (juknis) untuk pemilihan RT/RW nantinya mengacu pada Perwali Nomor 1 Tahun 2017.
Sebelumnya, dalam wawancara dengan BKM di rumah pribadinya Jalan Amirullah, Selasa (11/1), Danny menyampaikan bahwa Februari tahun ini masa jabatan ketua RT/RW di Makassar akan berakhir. Hanya saja, pemilu raya untuk memilih ketua RT/RW belum bisa dilaksanakan bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan tersebut.
”Nantinya akan ditunjuk pelaksana tugas (plt) ketua RT/RW. Jadi bukan hanya pejabat yang ada pltnya. Kalau untuk pemilihan ketua RT/RW yang baru, jadwalnya belum ditentukan,” ujar Danny.
Salah satu yang dipersyaratkan untuk menjadi plt ketua RT/RW nantinya, sebuat Danny, yaitu mereka yang di wilayahnya telah melaksanakan vaksinasi 100 persen bagi warganya. Sementara yang belum memenuhi syarat, akan ditentukan kemudian. (rhm)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini