Connect with us

Sulselbar

SYL, Saya Juga Orang Toraja Pulang Kampung

-

Menteri Pertanian, Dr H Syharul Yasin Limpo (SYL)

RANTEPAO, BKM–Menteri Pertanian, Dr H Syharul Yasin Limpo (SYL), kunjungan kerjanya panen perdana padi di Lembang Parinding, Kecamatan Sesean, Toraja Utara.

Mentan ke Toraja Utara juga hadiri acara pesta (Tongkon) 100 hari meninggalnya tokoh warga Toraja Puang Tarra Sampetoding, di Siguntu’ Kecamatan Sopai, Toraja Utara, Rabu (19/1) lalu.

Puang Tarra Sampetoding, semasa hidupnya besar perhatiannya pembanguan didaerah ini. Tarra Sampetoding, juga Ketua Lembaga Adat Toraja (LAT) kerap kritik pemerintah.

SYL saat maju kedua kalinya Calon Gubernur Sulsel mendapat suara 85 persen dari Tana Toraja dan Toraja Utara. 

Periode pertama Bupati Theofilus Allorerung di Tana Toraja 2010-2015, atas dukungan Gubernur SYL telah dibangun kawasan wisata religi di Burake. Demikian pula dimulainya pembangunan Toraja Airport di Mengkendek.

SYL tidak menampik kalau ia adalah orang Toraja juga, sekarang saya pulang kampung. Warga negara menjunjung budaya, adat dan asas  kehidupan orang Toraja, itulah orang Toraja. Yang peduli Toraja itu orang Toraja, jangan cuma anda tapi kita juga.

SYL berharap Toraja bagian dari lumbung padi Sulsel, sebaiknya ganti varietas padi di tanam petani sehingga produksinya lebih banyak lagi.

Apalagi orang Toraja hebat rajin, jujur, tulus, dan tinggi persaudara keluarga. Kehidupan bagus orang Toraja ini terwujud karena Tuhan menganugerahkan Toraja itu sebagian surga dunia.

Menurut SYL, sudah 25 tahun bagian dari Pemerintahan RI, 10 tahun Bupati Gowa, 5 Tahun Wagub Sulsel, dan 10 tahun Gubernur Sulsel. Dan sekarang Mentan. Karena itu Toraja sangat spesial buat saya. Saya perna bilang “Jangan Mati Sebelum Ke Toraja”, dan tidak mau injak Toraja sebelum selesai Toraja Airport, dan ternyata hari ini saya mendarat disitu luar biasa.

Hidupkan kembali Lovely Desember, karena saya mau dunia bernatal dan tahun baru di Toraja. Saya mendukung Lovely Desember diadakan lagi hidupkan pariwisata, dan Pak Gubernur juga mendukung itu, ujar SYL.

Wakil Bupati Torut, Frederick Victor Palimbong (FVP), tidak menimpali kalau  Lovely Deaember itu digagas Bapak Mentan yang luar biasa saat menjabat Gubernur Sulsel .

Empat tahun tanpa Lovely Desember rasanya kurang, namun kemudian Bupati Yohanis Bassang (Ombas) bersama OPD mencanangkan festival budaya di bulan Desember lalu. Bapak SYL selalu dirindukan dan di kenang warga Toraja, terang FVP.

Menurut FVP, Pemda Toraja Utara siapkan 100 hektar lahan pertanian tersebar di 4 kecamatan Sesean, Sa’dan, Balusu dan Nanggala. Demikian pula sektor peternakan, Toraja Utara siapkan lahan sentra pengembangan kerbau (agus).

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini