Connect with us

Gojentakmapan

Baru Lahir, Bayi Langsung Diberi Akta Lahir dan KK

-

PANGKEP, BKM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mempermudah layanan administrasi bagi anak yang sejak lahir. Selanjutnya, Disdukcapil membentuk Kordukcapil yang nantinya ada di setiap desa dan kelurahan.
Kepala Disdukcapil Pangkep, Arisal Hasan, mengatakan, Kordukcapil dibentuk sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan(Adminduk) kepada masyarakat.

Dengan hadirnya Kordukcapil, diharapkan dapat lebih mudah, cepat, dan efesien dalam mendapatkan layanan. Adapun mekanismenya, bisa bentuk offline (manual) dan online. Saat ini, segala bentuk layanan kependudukan bisa melalui online. Hasil produk layanan kependudukan, dikirim melalui email masyaraka.
Selain itu, lanjutnya, Disdukcapil meluncurkan sejumlah inovasi. Telah dibuka di kantor camat Balocci dan Tondong Tallasa. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil. Cukup di kantor camat, sudah bisa mendapatkan layanan kependudukan. Selain perekaman KTP yang masih terkendala keterbatasan alat.
Disdukcapil juga sambungnya, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan. Ibu yang melahirkan pada fasilitas kesehatan Pangkep, ketika pulang ke rumah sudah akan membawa dokumen kependudukan berupa akta lahir dan kartu keluarga.

”Jadi, bagi ibu yang ingin melahirkan pada layanan kesehatan. Siapkan namanya anaknya, dan membawa KK lama serta buku nikah untuk mendapatkan akta lahir,” jelasnya.
Untuk meningkatkan Kordukcapil, Disdukcapil menggelar lokar karya tentang layanan adminduk berbasis kewenangan desa. Loka Karya digelar di ruang pola kantor bupati Pangkep, dibuka Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau. (udi/c)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini