Connect with us

Bisnis

BNI Bangun Ekosistem Bank Digital

-

JAKARTA, BKM — PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) bakal bergerak lebih lincah membangun ekosistem bank digital. Emiten bank pelat merah ini telah menyiapkan serangkaian aksi korporasi sepanjang tahun ini.

Direktur Utama BBNI, Royke Tumilaar, mengatakan, pihaknya tengah dalam proses akuisisi bank. ”Kami harapkan rampung kuartal satu tahun ini,” kata Royke seperti dikutip dari salah satu media, Kamis (20/1).
Royke mengungkapkan, nantinya bank ini akan fokus sebagai bank digital yang fokus menyasar segmen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). BBNI bakal menggunakan kas internal untuk mengakuisisi bank tersebut. Namun, perusahaan masih memiliki rencana untuk menerbitkan green bond dan menggelar rights issue.
”Kami tidak ingin akuisisi untuk jangka pendek, tapi jangka panjang. Kalau dilihat, pertumbuhan bank digital cukup kencang, sehingga kami butuh tambahan dana untu disuntikan ke anak usaha baru nantu,” terang Royke.

Meski belum bersedia memberikan target nilai pendanaan, namun Royke memastikan green bond bisa diterbitkan pada kuartal dua. Sedang rights issue dilakukan pada kuartal tiga.
”Kenapa kami juga melakukan rights issue. Ini untuk mengantisipasi pemulihan ekonomi. Bagaimana pun juga, bank [hasil akuisisi] ini butuh modal. Kami harus siap likuiditas,” jelas Royke.
Nantinya, BNI akan menjalin mitra strategis yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi finansial. Pasalnya, teknologi menjadi elemen kunci dalam keberhasilan pengelolaan bank digital dan bisa menekan biaya operasional yang lebih murah ketimbang bank konvensional. (int)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini