Connect with us

Bisnis

Elnusa Petrofin Dukung Pencapaian SDGs

Gelar 640 Kegiatan CSR Melalui Petrofin Peduli Sepanjang Tahun 2021

-

PEMBERDAYAAN UMKM -- Grand launching premium VCO pemberdayaan UMKM tahun 2021.

MAKASSAR, BKM — Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha dari PT Elnusa Tbk (ELSA) secara konsisten mengadakan berbagai program dan kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR). Sepanjang tahun 2021, EPN mencatat 640 Kegiatan CSR yang telah terselenggara di seluruh wilayah Indonesia. CSR dilaksanakan dengan berbagai macam kegiatan yang mendukung pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).
Head of Corporate Communication & BoD Support Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo, mengungkapkan, di tahun 2021 perusahaan telah melaksanakan 640 kegiatan CSR melalui seluruh unit operasi dan bisnis yang tersebar di penjuru Indonesia.

Dalam praktiknya, penyelenggaraan CSR ini disesuaikan dengan isu sosial yang meliputi kondisi lingkungan di area lokasi kerja, dan kebutuhan masyarakat. Juga mendukung beberapa poin SDGs, seperti mengedepankan kehidupan yang sehat dan sejahtera (Good Health and Well-Being), meningkatkan kualitas Pendidikan (Quality Education), dan mendorong pemukiman perkotaan yang berkelanjutan (Sustainable Cities and Communities). Dimana, seluruh penyelengaraan terintegrasi dengan Pilar Petrofin Peduli.
”Beragam kegiatan CSR yang dilakukan diintegrasikan ke dalam 5 Pilar program CSR ‘Petrofin Peduli’. Namun banyaknya bencana alam yang terjadi disertai keadaan pandemi Covid-19 yang masih melanda, mayoritas kegiatan difokuskan ke dalam Aksi #PetrofinTanggap untuk membantu peran pemerintah dan mewujudkan hidup sehat dan sejahtera, yang juga merupakan poin ketiga SDGs,” ungkap Putiarsa.
Putiarsa menambahkan, salah satu inisiasi CSR 2021 yang cukup menjadi highlight yaitu bantuan oksigen sebanyak 24 ton Liquid Oxygen akibat peningkatan pasien Covid-19 kepada 7 rumah sakit di Jabodetabek, antara lain RS Krakatau Medika, RS Pekerja KBN, RS Pelni, RS Pertamina Pusat, RSPP Modular Simprug, RS Pertamina Jaya, dan RS Pelabuhan Jakarta.

Dari 640 kegiatan yang termasuk dalam Pilar Petrofin Peduli, masing-masing kegiatan CSR terdiri dari 41 kegiatan #PetrofinPintar yang berfokus pada peningkatan fasilitas kualitas pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat. 364 kegiatan #PetrofinTanggap yang berfokus untuk pemulihan daerah bencana serta kegiatan keagaaman. 20 kegiatan #PetrofinResik yang berfokus pada peningkatan kebersihan dan penghijauan. 204 kegiatan #PetrofinSehat yang berfokus untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan edukasi gizi. Serta 11 kegiatan #PetrofinAman yang berfokus pada peningkatan safety awareness pada masyarakat.
”Dampak kegiatan CSR Elnusa Petrofin pada tahun 2021 mencapai lebih dari 17.368 penerima manfaat yang mencakup 133 Desa di Seluruh Indonesia. Sasaran program ini ditujukan bagi masyarakat ekonomi rendah yang membutuhkan penyaluran bantuan,” tutur Arsa.
Di tempat terpisah, Aditya Budi Prabowo selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin, menyampaikan, perusahaan berkomitmen untuk terus hadir dalam membantu masyarakat dalam berbagai aspek dan sektor. Hal ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengembangkan etika bisnis yang berkelanjutan secara sosial, ekonomi dan lingkungan sesuai dengan ISO 26000 sebagai panduan praktik tanggung jawab sosial perusahaan.
”Kami senantiasa memaksimalkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berfokus pada kegiatan yang mendukung terciptanya UMKM baru di masyarakat, kepedulian terhadap lingkungan, sarana pendidikan dan perbaikan kualitas kesehatan masyarakat. Juga melanjutkan kegiatan beragam kegiatan CSR di tahun ini (2022). Agar setiap pertumbuhan kinerja perusahaan diikuti dengan peningkatan kesejahteraan dan kemandirian bagi masyarakat sekitar. Juga mendukung tercapainya targetSustainable Development Goals (SDGs) pemerintah,” pungkas Aditya. (mir)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini