Connect with us

Sulselbar

Rakor PKK se Bulukumba, Amrullah Bicara Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

-

BULUKUMBA, BKM — Tim Penggerak PKK Kabupaten Bulukumba menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Kabupaten Bulukumba. Rakor digelar di Gedung PKK Kabupaten Bulukumba, Jumat 28 Januari 2022.

Dalam rangkaian rakor, TP PKK Bulukumba juga menghadirkan Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Bulukumba Dr Muhammad Amrullah untuk berbicara tentang vaksinasi Anak usia 6-11 tahun.

Dengan sosialisasi vaksinasi anak itu, diharapkan seluruh jajaran Tim Penggerak PKK se-kabupaten Bulukumba mendukung dan membantu mensukseskan pelaksanaan vaksinasi anak di wlayah masing-masing.

Kabid Yankes dr Amrullah mengatakan, vaksinasi adalah proses pemberian vaksin untuk membantu sistem imun membuat perlindungan atau kekebalan bagi tubuh dari serangan penyakit.

Sementara vaksin Covid-19 katanya, yaitu jenis vaksin yang dibuat untuk memberikan perlindungan atau kekebalan bagi tubuh dari seranagan Virus Corona atau Covid-19.

“Jadi, tujuannya untuk mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai herd immunity dan melindungi masyarakat agar tetap produktif,” katanya.

Amrullah menjelaskan mengapa vaksinasi Covid-19 diberikan pada anak 6-11 tahun. Alasannya karena anak usia 6-11 tahun merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi virus.

“Dibutuhkan perlindungan tambahan dalam bentuk vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya,” jelasnya.

Olehnya ia berharap dengan vaksinasi Covid-19 dengan anak usia 6-11 tahun dapat beraktivitas dan melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka tanpa khawatir terserang virus corona.

“Tentunya dibarengi dengan penerapan protokol Covid-19 yaitu 5 M,” ujarnya.

Ia membeberkan cara mendapatkan vaksin dengan mendatangi tempat-tempat pelayanan vaksinasi Covid-19, seperti di Rumah Sakit, Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Poskeslu yang ada di desa kelurahan, Klinik Swasta, serta Klinik TNI-POLRI.

Menurut Amrullah, saat ini vaksin yang digunakan untuk memvaksin anak usia 6-11 tahun yaitu Sinovac dan Phizer. Pemberiannya pun sebanyak dua kali dengan rentan waktu pemberian antara vaksin 1 dengan pemberian ke-2 adalah 28 hari dan atau 1 bulan.

“Dosis pemberian sebanyak 0,5 ml untuk vaksin Sinovac dan 0,3 ml untuk vaksin Pfizer per pemberian. Disuntikkan masuk ke otot lengan atas” terangya.

Ia juga mengatakan vaksinasi memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan komplikasi yang disebabkan oleh virus Covid-19. Untuk itu, kepada masyarakat khususnya para orang tua diimbau untuk segera membawa anaknya mendapatkan vaksinasi.

“Semakin cepat menerima vaksin, maka semakin cepat juga mendapatkan perlindungan dari Covid-19,” imbuhnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Kepala Dinas Kesehatan, Umrah Aswani yang juga pengurus TP PKK Kabupaten Bulukumba.(min)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini