Connect with us

Metro

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan, Himatik FT UNM Gelar Spirit

-

MAKASSAR, BKM — Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (Himatik) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Inspiring Leadership Training (Spirit). Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Dekanat FT UNM dan berlangsung selama tiga hari, 28 hingga 30 Januari 2022. Sebanyak 150 peserta yang lolos dan ikut dari angkatan 2019, 2020 dan 2021.

Spirit yang pertama kali dilaksanakan ini merupakan salah satu program kerja Himatik di bawah naungan dan arahan pimpinan Jurusan Teknik Informatika dan Komputer (JTIK). Kegiatan ini bertajuk seminar tentang latihan kepemimpinan dengan mengusung tema membentuk insan yang memiliki jiwa loyalitas berinovasi, berkreasi dan religius dalam meningkatkan semangat juang berprestasi. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bekal dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan mahasiswa.

Pembukaan Spirit dihadiri beberapa pimpinan FT, seperti Dekan Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya,M.Kes., M.Eng., IPU., ASEAN Eng, Wakil Dekan III FT Dr. Ir. Amiruddin, S.T., M.T., IPM., dan Ketua JTIK Dr. Mustari S Lamada M.T, serta para dosen JTIK.

Wakil Dekan III FT UNM berharap dengan adanya kegiatan Spirit JTIK ini dapat membantu mahasiswa untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan, khususnya bagi mahasiswa JTIK angkatan 2021 untuk dapat meloloskan dirinya dari DO dini, serta dapat meningkatkan prestasi bagi mahasiswa JTIK.

“Kegiatan ini sangat bagus, karena dapat mengasah jiwa kepemimpinan mahasiswa, serta dapat meningkatkan prestasinya,” ujarnya.

Peserta akan mendapatkan sembilan materi dalam kegiatan Spirit. Masing-masing Penguatan Peran Mahasiswa yang Unggul dan Berbudaya di FT UNM, Manajemen Organisasi Kemahasiswaan, Peran Manajemen Waktu di Kehidupan Mahasiswa, Membangun Karakter dan Kepemimpinan Mahasiswa di Era 4.0, serta Kiat Sukses Berkomunikasi yang Efektif.

Ada pula materi Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship di Kalangan Mahasiswa, Efektif Leadership and Motivation Skill, Pentingnya Analisis SWOT untuk Meningkatkan Kinerja dalam Berorganisasi, serta Problem Solving and Teamwork.

Ketua Panitia Dwi Hastuty Hidayat, mengatakan kegiatan Spirit JTIK tahun 2022 menjadi wadah dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan terkait jiwa kepemimpinan, serta menumbuhkan jiwa dan daya juang berprestasi bagi mahasiswa.

Dengan kegiatan ini mahasiswa dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan yang memiliki loyalitas tinggi yang inovatif, kreatif dan religius, serta dapat menumbuhkan jiwa dan daya juang berprestasi bagi mahasiswa JTIK,” katanya.

Salah satu peserta Spirit, La Ode Ardan mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat karena menghadirkan materi dan pemateri yang sangat luar biasa. Termasuk di antaranya disampaikan langsung oleh ketua JTIK.

“Kegiatannya sangat luar biasa. Ke depannya JTIK dapat melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berjiwa kepemimpinan, baik itu dalam organisasi maupun akademik. JTIK dapat mejadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh kaum milenial,” ujarnya. (rls)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini