Connect with us

Bisnis

30 Bisnis Rintisan Mahasiswa UPer

-

KEWIRAUSAHAAN -- Kegiatan kewirausahaan mahasiswa Universitas Pertamina di lingkungan kampus, sebelum pandemi Covid 192019.

MAKASSAR, BKM — Dalam Rakornas Transformasi Digital dan Pendataan Lengkap KUMKM Tahun 2022, Senin (28/3), Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya terhadap peran generasi muda dalam perbaikan ekosistem kewirausahaan nasional melalui Peraturan Presiden (Perpres) No 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan.
Menurutnya, Perpres yang ditandatangani pada 3 Januari 2022 ini membutuhkan dukungan semua pihak terutama dalam hal peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karenanya, Universitas Pertamina (UPer) menginisiasi pelaksanaan kegiatan Sekolah Wirausaha. Dalam kegiatan ini, UPer menghadirkan para pakar di bidang kewirausahaan untuk membangun semangat mahasiswa dalam melahirkan bisnis rintisan.

Kegiatan yang berlangsung secara daring tersebut diisi para ahli wirausaha, yaitu President Director PT Mandiri Capital Indonesia, Edi Danusaputro, Direktur Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Padang Wicaksono; CoFounder & Chief Business Development Officer Binar Academy, Dita Aisyah, dan wartawan senior, penulis, presenter televisi, sekaligus pendiri BenihBaik.com, Andy F Noya.
Turut hadir memberikan sambutan, Sub Koordinator Kesejahteraan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Charoline Dewi Virasari. Mereka berbagi kiat untuk membantu mahasiswa memulai bisnis rintisannya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto mengatakan, saat ini tak kurang dari 30 bisnis rintisan mahasiswa dibina oleh kampus. ”Pembinaan yang diberikan, tak hanya sebatas bantuan modal usaha. Kami juga memberikan akses kemitraan, dan berbagai pelatihan secara reguler, seperti branding, manajemen finansial, leadership, dan kelas entrepreneur seperti Sekolah Wirausaha ini,” ujar Budi.
Menurut Budi, tak sedikit dari kelompok bisnis rintisan mahasiswa UPER tersebut yang mendapatkan bantuan akses permodalan dari pihak eksternal, misalnya dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

Halaman
1 2

www.beritakotamakassar.com

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini