Connect with us

Bisnis

XL Axiata Business Solutions Siap Dukung Percepatan Digitalisasi

Untuk Kota Cerdas dan Pedesaan Terhubung

-

Chief Enterprise and SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto

Dari sisi pengalaman, XL Axiata Business Solutions telah membantu sejumlah pemerintah kota/kabupaten dalam upaya digitalisasi di daerah masing-masing. Saat ini, XL Axiata Business Solutions sedang mendukung implementasi teknologi digital di salah satu kota besar di Indonesia guna menangani masalah banjir melalui program Jakarta Smart City.
Pada proyek ini, XL Axiata menerapkan ‘IoT Flood Monitoring’ guna memantau tingkat ketinggian air di sejumlah titik utama yang mempengaruhi potensi terjadinya banjir. Teknologi ini memberikan manfaat berupa sensor sungai yang real time dengan sistem pemantauan, konektivitas yang andal, smart city dashboard, serta big data dan analitik.
XL Axiata Business Solutions juga telah membantu salah satu kota di Sumatra dalam merintis program smart city. Di kota ini, telah berhasil diterapkan teknologi IoT dalam penerapan smart light untuk penerangan jalan umum.
Dengan digitalisasi, operasional penerangan jalan bisa berlangsung secara efisien dan efektif, meliputi waktu menyala dan padam, tingkat kecerahan lampu, hingga penggunaan energinya. Selain itu, telah diterapkan juga solusi ‘IoT Thermal Imaging’ untuk mengukur suhu tubuh guna yang ditempatkan di perkantoran. Solusi ini telah diimplementasikan di gedung-gedung perkantoran guna mencegah penularan penyakit berbahaya. (mir)

Halaman
1 2 3

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini