Connect with us

Headline

Rajinlah Bersedekah agar Harta Bersih

Ustaz Suardi Balla, Pengurus PW IDMI Sulsel

-

UMAT Islam yang tengah menunaikan ibadah puasa kini memasuki masa akhir-akhir bulan Ramadan. Berbuat baik dengan bersedekah pun terus dilakukan. Apalagi, ada satu malam yang dijanjikan oleh Allah Swt, yaitu malam Lailatul Qadar yang lebih mulia dari 1.000 bulan.
Ustaz Suardi Balla dari pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Dai Muda Indonesia (IDMI) Sulawesi Selatan membahas tentang sedekah dan infaq terbaik ketika menjadi tamu dalam siniar (podcast) untuk kanal Youtube Berita Kota Makassar. Menurutnya, sedekah dari aspek bahasa berasal dari kata sidiq yang berarti jujur atau terus terang.
”Bahwa kita memiliki kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Allah Swt. Juga ada kelemahan yang kita miliki. Di bulan Ramadan ini Allah memberikan waktu yang membedakan umat Rasulullah dengan umat-umat terdahulu. Jika kita bersedekah di waktu itu, nilainya bila kita melakukannya selama 83 tahun,” terang Ustaz Suardi.
Oleh karena itu, lanjutnya, dalam sebuah hadis menyebutkan bahwa Nabi Muhammad Saw di bulan Ramadan semakin dermawan. Lebih pemurah dari bulan-bulan yang lainnya. Bersedekahnya lebih kencang lagi. Demikian pula ibadah malamnya lebih panjang.
Sedekah memiliki banyak hikmah. Salah satunya bisa menolak bala. Ustaz Suardi kemudian mencontohkan, jika terjadi sebuah kebakaran besar di satu tempat, ada satu rumah warga yang tidak terbakar, ini membuktikan sedekah menolak bala. Amalan oran tersebut adalah bersedekah dan diterima oleh Allah Swt.

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini