Connect with us

Headline

Salat Id di Karebosi, tak Ada Takbir Keliling

Pemkot Adakan Lomba Takbir di Anjungan Pantai Losari

-

MAKASSAR, BKM – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) berencana melaksanakan salat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Karebosi.

Ditemui di kediaman pribadinya, Selasa (26/4), Danny mengatakan, awalnya ada rencana untuk melaksanakan salat Idul Fitri di Anjungan Pantai Losari. “Tapi janganlah, karena legend di situ Karebosi,” katanya.
Seperti diketahui, setiap tahun, Lapangan Karebosi dijadikan pusat pelaksanaan Salat Idulfitri untuk tingkat Kota Makassar.
Lebih jauh dikemukakan, untuk tahun ini, Pemkot Makassar tidak mengagendakan pelaksanaan takbir keliling. Pemkot Makassar lebih memilih untuk menyelenggarakan lomba takbir di Anjungan Pantai Losari.
“Jadi keindahan bertakbir, gaya bertakbir, kekhusyukan bertakbir, itu lebih dalam. Lebih bisa kita nikmati kalau diperlombakan,” kata Danny.

Alasan untuk meniadakan takbir keliling juga karena pertimbangan Makassar masih dalam kondisi pandemi covid-19. Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Nomor 08 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idulfitri 1443 Hijriah.
Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Makassar Muh Syarief, menjelaskan untuk pelaksanaan salat Id, sudah ada petunjuk dari wali kota jika akan dipusatkan di Karebosi. “Jadi kami akan mempersiapkan pelaksanaan salat Id di Karebosi,” kata Syarief.
Selanjutnya, katanya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) untuk menentukan imam dan khatib lebaran.
Sementara itu, khusus pelaksanaan lomba takbir yang akan digelar di Anjungan Pantai Losari, rencananya antarkecamatan.
“Jadi rencananya akan dilombakan di anjungan per kecamatan. Untuk takbir keliling yang biasa dilaksanakan saat malam lebaran, tahun ini ditiadakan,” kata Syarif.
Peserta lomba takbir ditargetkan 100 orang dari masing-masing kecamatan dengan mengutamakan ketua RT dan RW. “Jadi total yang dilibatkan sekitar 1.500 peserta karena ada 15 kecamatan,” tambahnya.
Untuk juara satu, dua dan tiga nantinya, kata Syarif, akak mendapatkan hadiah yang disiapkan oleh pemkot. Diharapkan para peserta lomba takbir memakai obor dan kelengkapan lainnya. Termasuk apakah mau bawa bedug.
“Terserah mereka mau bawa bedug, mau bawa apa, terserah. Karena ini kan lomba takbiran,” tandas Syarief. (rhm)

Laman: 1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini