Connect with us

Gojentakmapan

Gowa Segera Terapkan Aplikasi Simtaru

-

IST SIMTARU -- Suasana seminar penerapan aplikasi Simtaru yang diikuti para camat di Gowa.

GOWA, BKM — Dalam waktu tak lama lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan menerapkan sistem informasi tata ruang (Simtaru). Sistem ini akan digunakan melalui aplikasi dan tengah digodok Pemkab Gowa melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Persiapan penerapan aplikasi Simtaru ini diawali sosialisasi dibuka Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, Kamsina. Kamsina memberikan penjelasan tentang aplikasi yang bakal diterapkan di Gowa tersebut, Kamis (12/5), di kantor Dinas PUPR Gowa. Dalam kesempatan itu, Kamsina mengatakan, aplikasi ini sangat dibutuhkan di era saat ini. Apalagi menurutnya saat ini merupakan era keterbukaan informasi.
”Seiring dengan pemahaman masyarakat tentang penataan ruang, penataan ruang keterbukaan informasi dan kemajuan teknologi, maka tentu penyajian informasi yang berkaitan penataan ruang semakin meningkat,” kata Kamsina.
Dijelaskan, aplikasi Simtaru ini berbasis Webgis sebagai upaya untuk mencapai tujuan penyelenggaraan tata ruang yang efektif dan efisien berdasarkan keterbukaan informasi dan keterlibatan masyarakat.

”Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa. Sehingga keberadaan aplikasi ini dapat digunakan dalam penyelenggaraan penataan ruang yang mengakomodir peran serta masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat dan berkualitas. Akses informasi ini akan mudah diakses bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi tentang penataan ruang di Kabupaten Gowa tanpa bertemu langsung,” jelas Kamsina.

Kepala Dinas PUPR Gowa, Rusdi Alimuddin, mengatakan, aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan penataan ruang, terwujudnya optimalisasi monitoring, evaluasi dan  pengendalian pemanfaatan ruang.
Juga untuk terwujudnya sistem informasi tata ruang yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat dan dunia usaha serta tersedianya layanan pengaduan berbasis online terhadap penyimpangan pemanfaatan ruang.
”Aplikasi Sintaru ini bisa diakses masyarakat umum. Insya Allah sudah bisa diakses pada Oktober mendatang. Sekarang sementara tahap pengumpulan data melalui kegiatan seminar,” jelas Rusdi di hadalan para camat yang hadir.
Rusdi menyebutkan beberapa fitur dan halaman pada aplikasi ini yaitu homepage, halaman yang ditampilkan ketika pertama kali visitor mengakses website Simtaru Gowa. (sar)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini