Connect with us

Headline

Bundaran BTP Senilai Rp10 M Dibangun Tahun Ini

-

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota Makassar akan membangun bundaran di persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan-poros BTP-Tallasa City tahun ini. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Zuhaelsy Zubir mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantapan untuk seluruh dokumen lelang proyek.
Selain itu, Dinas PU juga sudah berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait, di antaranya Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional karena posisi bundaran BTP akan dibangun di jalan nasional. Termasuk dengan Balai Pengelola Transportasi Darat mengenai kajian rekayasa lalu lintas. Serta kajian teknis yang dibuat oleh konsultan pengacara.

Sejauh ini, kata wanita yang disapa Helsy itu, desainnya sudah dirancang. Yang menjadi pertimbangan saat ini adalah apakah bundaran BTP ini membutuhkan pelebaran jalan atau tidak.
“Kajian teknisnya sementara dilakukan. Untuk melihat bagaimana efektivitas besaran bundaran yang akan dibangun. Apakah 40 meter atau 50 meter,” ungkap Helsy.
Selain itu, lanjutnya, kajian juga terkait apakah nantinya di sana masih tetap menggunakan traffic light atau tidak.
Untuk merealisasikan program ini, Pemkot Makassar juga membutuhkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulsel. “Jika semua tahapan berjalan lancar, Mei ini sudah bisa dilelang,” tambahnya.

Tahun ini, Pemkot Makassar berupaya untuk menyelesaikan bundaran bagian bawah. Estimasi pengerjaannya sekitar tiga hingga empat bulan.
Sementara untuk bangunan atas berupa patung-patung presiden RI. Termasuk apakah nanti akan dibuatkan air mancur atau tidak.
“Rencananya bakal ada bangunan yang dirancang di atas bundaran. Nanti bisa ditempati untuk foto-foto,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar Tajuddin Beddu, mengatakan pihaknya sejauh ini sementara merampungkan dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan tender. “Kita upayakan sudah bisa tayang Mei ini,” ujarnya.
Bundaran yang akan dibangun ini konsepnya mirip dengan bundaran HI di Jakarta. “Jadi konsepnya hampir mirip dengan bundaran HI,” ungkapnya.
Untuk pembangunan bundaran BTP ini, Pemkot Makassar melalui Dinas PU mengalokasikan anggaran sebesar Rp10 miliar. “Itu untuk tahun ini sebesar Rp10 miliar. Kalau mau dilanjutkan tahun depan, tentu akan ada alokasi anggaran lain yang bisa disiapkan,” kata Tajuddin. (rhm)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com

Populer Minggu ini