Connect with us

Headline

Siap-siap, Lelang Direksi dan BP BUMD Dimulai

Danny Target Seleksi Rampung Dua Minggu

-

MAKASSAR, BKM — Tahapan lelang jabatan direksi perusahaan daerah atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dimulai. Rencananya lelang dilakukan sepaket dengan Badan Pengawas.
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto sudah memilih nama-mana yang akan menjadi panitia seleksi (pansel) lelang direksi. Nama-nama tersebut merupakan perwakilan dari berbagai unsur. Di antaranya NGO (LSM) antikorupsi, tokoh masyarakat, dari pemerintah kota, akademisi, serta wartawan.
“Saya berharap ini sebentar (tadi malam), saya tanda tangan SK panitia (pansel) dan besok (hari ini) diumumkan,” ungkap Danny saat ditemui di kediaman pribadinya, Selasa (15/5).

Dia mengestimasi seluruh tahapan lelang berjalan selama dua minggu agar secepatnya pejabat definitif bisa langsung bertugas. “Saya mau Mei ini selesai, dua minggu. Setelah itu langsung pelantikan,” tandasnya.
Orang nomor satu Makassar ini melanjutkan, kendati tahapan lelang jabatan akan digelar serentak untuk seluruh BUMD, namun ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi bagi peserta lelang jabatan direksi PDAM. Mereka harus mengantongi sertifikat air.
Sementara persyaratan umum yang cukup penting, pelamar tidak boleh terafiliasi dalam kepengurusan partai. Selain itu, rekam jejak juga menjadi faktor penentu yang utama. “Saya bilang, ikuti persyaratan sesuai undang-undang untuk tahapan lelang,” ungkapnya.
Sejauh ini, Danny mengaku belum terlalu puas dengan kerja-kerja penjabat (pj) direksi yang ditunjuk pada sejumlah BUMD. Dia mengaku, baru tiga BUMD yang menunjukkan progres cukup menggembirakan yakni PDAM, Rumah Potong Hewan (BPR), dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Sementara tiga lainnya, yakni PD Parkir, PD Pasar, dan PD Terminal masih belum menunjukkan tanda-tanda menggembirakan.
Kendati kinerja PDAM, RPH, dan BPR menunjukkan arah yang positif, namun Danny belum bisa menjamin jika pj direksi ketiga BUMD tersebut ikut lelang langsung lolos. “Tergantung hasil lelang seperti apa. Bagaimana penilaian panselnya. Saya tidak mau ikut campur proses lelang,” terangnya.
Dihubungi terpisah, Ketua Tim Penataan BUMD Makassar Aminuddin Ilmar mengatakan, secara umum, syarat bagi calon pelamar tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 54 Tahun 2017 tentang BUMD. Juga diatur secara khusus dalam Perda Perumda.

Halaman
1 2

www.beritakotamakassar.com

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini