Connect with us

Gojentakmapan

MUI Diminta Terus Berkolaborasi untuk Kemaslahatan Umat

-

IST PEMBUKAAN -- Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, bersama Ketua MUI Gowa, KH Abubakar Paka dalam prosesi pembukaan Musda MUI Gowa.

GOWA, BKM — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa menggelar musyawarah darrah (Musda) ke-V. Musda MUI Gowa ini berlangsung di Baruga Karaeng Tinggimae kompleks rujab bupati Gowa, Rabu siang (18/5).
Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Gowa, Abd Rauf Malaganni yang hadir membuka Musda MUI Gowa ke V ini, berharap, pemerintah dan MUI terus bersinergi dan berkolaborasi khususnya terkait kemaslahatan umat.

”MUI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang mewadahi para ulama dan para cendekiawan Islam untuk membimbing, membina dan mengayomi umat Islam di Indonesia dan di Gowa ini. Sesuai dengan tugasnya, MUI membantu pemerintah dalam melakukan hal-hal yang menyangkut kemaslahatan umat Islam seperti mengeluarkan fatwa dalam kehalalan makanan, penentuan kebenaran sebuah aliran dalam agama Islam, dan hal-hal yang berkaitan dengan hubungan seorang muslim dengan lingkungannya,” papar Wabup Gowa yang membuka secara resmi Musda tersebut.

Rauf berharap, Musda MUI yang mengusung tema ‘Dengan Musda V kita tingkatkan sinergitas ulama dan umara demi terpeliharanya keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara’ ini, mampu menjalin sinergitas dan kolaborasi antara ulama dan umara atau pemimpin pemerintahan sangat dibutuhkan khususnya dalam mewujudkan kemaslahatan umat yang merupakan kepentingan masyarakat dan menjadi basis tujuan kebijakan pemerintahan.
”Ulama dan umara memang harus bersinergi dalam memastikan kemaslahatan umat itu bisa terwujud. Semoga kerjasama antara MUI dan pemerintah yang telah terjalin dengan harmonis di Gowa dapat terus ditingkatkan agar keharmonisan umat dalam berbangsa dan bernegara dapat terus kita pertahankan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Gowa yang damai, sejahtera, adil, dan makmur,” kata Wabup.
Sementara Ketua MUI Gowa, KH Abu Bakar Paka, mengatakan, dalam Musda MUI ini, ada tiga agenda utama yang akan dibahas yakni LPj pimpinan MUI Gowa periode 2016-2021, penyusunan program lima tahun kedepan, pemilihan pengurus baru yang akan melaksanakan tugas dan amanah 2022-2027.
”Semoga Musda ini sukses berjalan lancar dan menghasilkan program terbaik serta pemimpin MUI Gowa yang baru,” kata KH Abubakar Paka.
Musda V ini turut dihadiri Ketua DPRD Gowa, Forkopimda, Sekum MUI Sulsel, dan 106 pengurus dan anggota MUI Gowa. (sar)

Halaman
1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini