Connect with us

Berita

Mahasiswa Fapet Unhas Bina Desa di Sidrap

-

Fapet Unhas melaksanakan Bina Desa di Kecamatan Sereang, Kabupaten Sidrap, Selasa (7/6/2022).

SIDRAP, BKM — Mahasiswa Teknologi Produksi Ternak, Fakultas Peternakan (Fapet) Unhas melaksanakan program Bina Desa Mahasiswa Tahun 2022 di Desa Kanie, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Selasa (7/6/2022). Kegiatan ini diikuti 25 mahasiswa dan 6 dosen.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan Fapet Unhas ini dilakukan untuk mengedukasi peternak dalam memanfaatkan maggot sebagai bahan pakan sumber protein untuk ternak unggas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fapet Unhas, Prof. Dr. Ir. Jasmal A. Syamsu, M.Si. IPU ASEAN Eng dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka implementasi pengabdian mahasiswa dan dosen kepada masyarakat Sidrap khususnya peternak unggas yang ada di kabupaten tersebut.

Adapun lokasi yang dipilih di Kecamatan Sereang adalah pabrik pakan milik Nataniel Lallo yang juga Ketua Kelompok Tani Prima Karya Sentosa.

Narasumber pada Bina Desa ini adalah dosen Fapet Unhas, Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt., M.Si. IPM ASEAN Eng. Di depan para peternak, Sri mengatakan, bahwa nutrisi maggot kaya akan protein. “Untuk itu sangat baik untuk diaplikasikan kepada ternak,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Prima Karya Sentosa, Nataniel Lallo mengatakan, pmanfaatan limbah pertanian atau sampah rumah tangga sebagai pakan sangat dibutuhkan di masyarakat khususnya peternak di pedesaan.

“Peternakan mandiri perlu disupport karena harga pakan yang sangat tinggi. Budidaya maggot ini bisa menjadi protein alternatif pengganti konsentrat yang bisa digunakan dan bisa diberikan kepada ternak unggas,” katanya.

Halaman
1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini