Connect with us

Headline

Saya tidak akan Pernah Menyerah

Anwar Tarra, Atlet Timnas Dayung Asal Sulsel Pengoleksi Ratusan Medali

-

ATAS nama bangsa, apapun akan dilakukannya. Bahkan mati sekalipun. Itu tekad Anwar Tarra, atlet asal Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang tergabung dalam tim nasional (timnas) untuk cabang olahraga dayung.

MENGENAKAN topi dan baju khas atlet dayung, Anwar Tarra Dg Sibali ditemui tim media sosial Youtube Berita Kota Makassar di sela-sela sesi latihan di kawasan Lantamal VI Makassar, Minggu (5/6). Ia bersama atlet dayung dari Kabupaten Gowa yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulsel 2022 di Kabupaten Sinjai-Bulukumba.

Anwar yang merupakan peraih medali emas Sea Games 2021 namun dilaksanakan di Vietnam tahun 2022, mengawalinya dengan menceritakan pengalamannya terjun ke olahraga dayung pada tahun 2002. Kemudian melanjutkan kiprah di Timnas pada tahun 2004 setamat SMA.
Dari pengakuan Anwar, jangankan untuk berprestasi, menggeluti olahraga dayung saja tak pernah terbersit di pikirannya kala itu. ”Olahraga dayung itu apa sih. Saya tidak pernah mengenalnya sama sekali. Apalagi di tempat tinggalnya saya di Bontonompo (Gowa), tidak ada lokasi yang bisa dijadikan tempat olahraga dayung,” terangnya.

”Orang tua saya petani. Ibu tukang jahit waktu itu. Dan inilah jalan hidup saya terjun di olahraga dayung,” tambahnya.
Anwar bertutur, setamat SMP di Bontonompo tahun 2002 dirinya iseng-iseng ikut seleksi atlet. Ia menjadi perwakilan dari sekolah karena postur tubuhnya yang tinggi.
”Awalnya disuruh ikut olahraga tinju. Saya lihat ini tidak cocok untuk saya. Karena kalau latihan saling pukul orang. Akhirnya dialihkan ke dayung dan meninggalkan tinju. Saya diarahkan ke Tanjung Bunga untuk ikut seleksi,” ujarnya.
Di tempat itulah Anwar melihat orang yang berlatih dan ngotot-ngototan mendayung. Hal itu dianggapnya menarik dan menantang bagi dirinya. Pilihan pun jatuh pada olahraga dayung.

Halaman
1 2 3 4

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini