Connect with us

Sulselbar

PLN UPDK Bakaru Dorong Program Agroforestry sebagai Salah Satu Upaya Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Desa Balla

-

MAMASA, BKM — PLN terus melakukan berbagai upaya untuk turut melindungi dan menyelamatkan lingkungan hidup khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mamasa. Salah satu desa yang berada di wilayah DAS Mamasa, yakni Desa Balla yang saat ini telah melaksanakan program kampung iklim, tepatnya pada Dusun Rante Sepang.
Program kampung iklim di Dusun Rante Sepang merupakan program yang dicanangkan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka aksi mitigasi perubahan iklim.
Mendukung program tersebut, PLN hadir membantu mensukseskan dengan mengusung program agroforestry. Membuka kegiatan ini, Sekretaris Desa Balla, Lazarus D, mengucapkan terima kasih kepada PLN yang memberikan bantuan kepada Desa Balla dengan program Agroforestry.
”Kami berharap, masyarakat lebih antusias melakukan pelestarian lingkungan di Desa Balla ini. Program agroforestry merupakan salah satu upaya pelestarian lingkungan dimana mengkombinasikan antara tanaman kehutanan dengan tanaman pertanian, pola ini dirasa tepat untuk merubah mindset masyarakat yang selama ini menanam dengan pola monokultur yang dapat mengurangi unsur hara didalam tanah,” ucap Manager PT PLN (Persero) UPDK Bakaru, Fatahudin Yogi Amibowo,
Untuk bibit sendiri, kata Fatahudin Yogi Amibowo, pihaknya telah bekerjasama dengan BPDASHL Jeneberang Saddang sebagai penyedia bibit untuk tanaman hutan.
Dalam kegiatan ini turut hadir Danramil 1428-01 Kabupaten Mamasa, Kapten Czi M.B Habel. Dalam sambutannya Danramil mengatakan, dirinya mengucapkan banyak terima kepada PLN UPDK Bakaru telah mau melibatkan Kodim 1428 Mamasa dalam kegiatan Agriforestry yang sejalan dengan PROKLIM Desa Balla.
”Kami siap mengawal program ini agar dapat berjalan lancar kedepannya, sehingga apa yang kita laksanakan bersama ini bisa bermanfaat bagi anak cucu kita kedepannya terutama terhadap alam. Kami sangat berterimakasih atas bantuan dari PLN dalam kegiatan ini dalam melestarikan lingkungan.
Kami berharap kedepannya program ini akan terus berkelanjutan agar desa balla ini dapat menjadi contoh bagi desa lain di Kabupaten Mamasa,” tutup Kepala Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Kehutanan, Juharsen Elomi. (rls)

Share

Komentar Anda

Populer Minggu ini