Connect with us

Sulselbar

Gempa Belum Tuntas, Sulbar Kembali Diterjang Banjir

-

BANJIR -- Suasana banjir yang menerjang Kabupaten Mamuju Minggu (12/6). Tim Basarnas dan TNI/Polri tengah melakukan evakuasi kepada warga korban banjir menuju ke lokasi pengusian.

MAMUJU, BKM — Bencana kembali menerjang Provinsi Sulbar. Usai diguncang gempa 5,8 magnitudo pada Rabu (8/6), sejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju, Sulbar terendam banjir, Minggu (12/6).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, Muh Taslim Sukirno, mengatakan tingginya intensitas hujan mengakibatkan beberapa wilayah terendam banjir, diantaranya Lingkungan Simbuang Dua dan lingkungan salunangka di Kecamatan Simboro,serta Desa Bambu.

“Tiga titik ini merupakan titik terparah yang terendam banjir”.ujarnya.
Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca wilayah Sulawesi Barat, Minggu (12/6).

“Prakiraan cuaca untuk hari ini di wiayah Mamuju diperkirakan hujan ringan masih berlangsung hingga dini hari nanti,” kata Arman, PMG Penyelia, Kapoksi Stasiun Metereologi Kelas II Majene.
Ia menyampaikan, produk prakiraan cuaca yang telah dibuat, wilayah Kabupaten Mamuju berpotensi hujan hingga dini hari berdasarkan analisis Prakiraan dan hasil pantauan radar cuaca serta satelit.

“Hal ini yang diprakirakan berpotensi hujan berlangsung hingga dini hari,” lanjut Arman.
Sementara itu, Agus, ST, Kepala Stasiun Metereologi Kelas II Majene, BMKG Sulbar menguraikan beberapa pemicu banjir dan hujan lebat saat ini. Menurutnya, hujan ini didominasi terjadi dihulu atau daerah pegunungan yang mengakibatkan luapan sungai disejumlah titik.

“Salah satu yang memicu yakni masih efek la nina dan selain itu juga memang tingkat kelembaban udara kita masih cukup tinggi berkisar 80 hingga 100 persen,” ungkap Agus.

Halaman
1 2

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini